Gandeng Korsel, Sukabumi Sukses Garap Proyek Sistem Manajemen Kebocoran Air Pintar

Sabtu, 02 Juli 2022 - 06:19 WIB
loading...
Gandeng Korsel, Sukabumi Sukses Garap Proyek Sistem Manajemen Kebocoran Air Pintar
Closing ceremony proyek manajemen kebocoran air pintar Kota Sukabumi yang digelar di Kota Daejeon, Korsel.
A A A
BANDUNG - Kota Sukabumi sukses menggarap proyek manajemen kebocoran air pintar lewat penerapan teknologi yang diusung perusahaan rintisan (startup) asal Korea Selatan, WI.Plat Co. Ltd.

Dalam pelaksanaannya, penerapan teknologi WI.Plat berhasil menemukan lebih dari 40 titik kebocoran pipa air bersih di Kota Sukabumi. Penerapan teknologi WI.Plat pada akhir Juni 2022 lalu tersebut juga menjadi pilot project platform manajemen kebocoran air pintar di Indonesia.

Direktur PDAM Tirta Bumi Wibawa Sukabumi, Abdul Kholik Fajdawani mengatakan, sebagai penerima manfaat program ini, pihaknya sangat mengapresiasi penerapan teknologi inovatif di bidang pengelolaan sumber daya air melalui pilot project WI.Plat Co.Ltd.

"Hal ini merupakan upaya Creative Technology Solution (CTS) Program yang diselenggarakan oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA)," ujar Abdul Kholik dalam keterangan resminya, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Rumah 2 Lantai di Cicurug Sukabumi Terbakar, Kerugian Capai Rp800 Juta

Bertempat di Kota Daejeon yang merupakan silicon valley Korsel, Rabu (29/6/2022) lalu, lanjut Abdul Kholik, telah digelar seremoni penutupan keberhasilan pencapaian program CTS Seed 1 yang dihadiri oleh pihak WI.Plat, K-Water, KOICA, PDAM Tirta Bumi Wibawa, dan SUPRA.

WI.Plat Co.Ltd. sendiri merupakan startup yang didirikan pada tahun 2020 sebagai usaha in-house oleh K-Water (Korea Water Resources Corporation) untuk memecahkan masalah kebocoran air global berdasarkan IoT, kecerdasan buatan, dan teknologi cloud.

"WI.Plat bekerja sama dengan PT SUPRA Internasional Indonesia memperkenalkan sistem manajemen kebocoran air bersama dengan PDAM Tirta Bumi Wibawa," katanya.

Sebelumnya, WI.Plat Co. Ltd. telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan KOICA pada April 2021 dan telah membangun platform manajemen kebocoran air pintar untuk pengelolaan sumber daya air yang efisien di PDAM Tirta Bumi Wibawa, Kota Sukabumi selama 15 bulan.

"Selama periode proyek ini, WI.Plat menyelesaikan pengembangan teknologi lokalisasi untuk wilayah Sukabumi dimana kebocoran air merupakan masalah serius," ujar Abdul Kholik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3422 seconds (0.1#10.140)