Seorang Perawat RSUD Gunung Jati Positif Difteri

Rabu, 10 Februari 2016 - 17:59 WIB
Seorang Perawat RSUD Gunung Jati Positif Difteri
Seorang Perawat RSUD Gunung Jati Positif Difteri
A A A
CIREBON - Seorang perawat di RSUD Gunung Jati, Kota Cirebon, diketahui positif difteri pascamenangani pasien difteri. Berdasarkan informasi, perawat yang terkena difteri berinisial Ru dan bertugas di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Gunung Jati.

Ru diketahui merupakan perawat pertama yang menangani pasien pertama difteri yang masuk rumah sakit tersebut.

Direktur Utama RSUD Gunung Jati, Heru Purwanto menyatakan, perawat bersangkutan kini menjalani perawatan intensif di ruang isolasi. Rencananya, terhadap Ru akan dilakukan kultur tenggorokan.

"Saat ini kesehatannya membaik, tapi untuk memastikan difterinya sembuh atau belum, akan dilakukan kultur tenggorokan terhadap pasien (Ru)," paparnya, Rabu (10/2/2016).

Pascakultur tenggorokan dilakukan, pihaknya akan mengamati kondisi pasien sebagai pertimbangan akan dipulangkan atau terus dirawat.

Sementara, seorang warga RT 09/02 Blok Wetan, Desa Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Lusiana, yang didiagnosa difteri oleh RSUD Gunung Jati saat ini kondisinya pun sudah mulai membaik.

Lusiana sempat minta dipulangkan dari RSUD Gunung Jati Cirebon, sebelum kemudian dirawat di RSUD Indramayu. Kini, pihak rumah sakit telah mengizinkannya pulang ke rumah.

Sebagaimana diketahui, serangan difteri pertama kali diketahui diderita empat warga yang masih satu keluarga asal Blok Puhun, Desa Sampih, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon.

Dari empat orang itu, tiga di antaranya meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Gunung Jati Cirebon.

Difteri kemudian menyebar dan menyerang belasan warga lain, termasuk empat warga Kabupaten Majalengka.

Total, korban meninggal sejauh ini empat orang, tiga warga Kabupaten Cirebon dan seorang warga Kabupaten Majalengka. Belasan lainnya masih dirawat di RSUD Gunung Jati hingga kini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3305 seconds (0.1#10.140)