Gibran Minta ASN Kota Solo Kurangi Seremonial Potong Pita, Ini Alasannya

Rabu, 26 April 2023 - 16:38 WIB
loading...
Gibran Minta ASN Kota Solo Kurangi Seremonial Potong Pita, Ini Alasannya
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka minta agar para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) mengurangi anggaran untuk kegiatan yang bersifat seremonial. Foto/Humas Pemkot Solo
A A A
SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka minta agar para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) mengurangi anggaran untuk kegiatan yang bersifat seremonial. Di antaranya pemotongan pita yang tak ada manfaatnya bagi masyarakat.

Gibran menyampaikan hal itu di hadapan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pengarahan pasca cuti bersama Hari Raya Idulfitri di Pendapi Balai Kota Solo, Rabu (26/4/2023).


Menurutnya, kegiatan bersifat ceremonial kurang bermanfaat bagi masyarakat. Gibran bahkan menyatakan dirinya tidak pernah datang dalam acara potong pita untuk sebuah peresmian.

"Kurangi anggaran yang sifatnya seremonial. Saya tidak pernah datang yang namanya seremonial. Potong pita itu tidak ada manfaat bagi warga," tegas Gibran.

Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu meminta para ASN dan kepala dinas fokus pada pelayanan terhadap masyarakat.

"Fokus ke pelayanan saja. Kurangi seremonial dan acara-acara yang pidatonya sampai ada 5-6 kali. Itu sudah nggak ada pengaruhnya untuk warga," tuturnya.



Lebih lanjut Gibran menyampaikan agar para ASN fokus mengurangi angka kemiskinan, pengangguran terbuka serta menyelesaikan program kawasan kumuh.

"Ini kemarin saya konsultasi dengan BPS, saya lihat, angka kemiskinan ekstrem kita juga sudah berkurang banyak. Kalau tidak salah dari 3 persen menjadi tinggal 0,8 persen. Itu masih banyak lho. Makanya, fokus itu harus dihabiskan, harus di 0 kan," tuturnya

"Program, kawasan kumuh di 0 (nol) kan, di tempatnya bu Purwanti, juga ada program stunting, itu dinolkan yang jelek-jelek dinolkan," tutupnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)