Ini 10 Destinasi Wisata di Jatim yang Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran

Minggu, 23 April 2023 - 13:22 WIB
loading...
A A A
Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Bahkan tak jarang di pantai ini menjadi tempat latihan sejumlah klub sepak bola seperti Arema dan Persema. Pantai ini mulai berkembang dan disinggahi masyarakat luas tahun 1978, setelah adanya pembukaan akses jalan yang dilakukan Kades Srigonco Tukiran.

Umat Hindu menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali. Tepatnya pada hari raya Nyepi, lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo. Pulau ini menjorok masuk dari bibir pantai sekitar 70 meter yang dihubungkan dengan jembatan. Tradisi Nyepi dengan menggelar ritual keagamaan Hindu selalu dinantikan wisatawan dari berbagai daerah, termasuk wisatawan asing.

4 Go Fun Bojonegoro

Go Fun Bojonegoro berlokasi di di Jambean, Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Tempat wisata ini mulai dibuka pada pertengahan tahun 2016 dan dibangun diatas tanah seluas 5,3 hektar.

Go Fun menjadi salah satu objek wisata baru dengan sajian berbagai macam wahana permainan menarik dengan landmark kekinian. Suasana malam berpadu dengan lampu warna – warni menjadikan Go Fun Bojonegoro sebagai tempat wisata malam pilihan yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, ataupun kekasih.

5 Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom awalnya merupakan pelabuhan yang kini berubah menjadi sebuah tempat wisata. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang indah serta jajanan yang banyak dijual disekitar pantai Boom. Salah satu landmark ikonik yang paling populer di pantai Boom adalah jembatan lintas (causeway) yang berbentuk spiral yang dipenuhi dengan sorotan lampu disekitarnya.



Satu sisa peninggalan masa kejayaan masa lalu di Pantai Boom Banyuwangi adalah deretan gudang yang persis menghadap ke dermaga. Bekas gudang ini dibiarkan apa adanya, namun sekelilingnya dibersihkan dan di depan gudang dibangun lintasan jalan khusus sepeda dan trotoar yang dilengkapi lampu taman model gantung.

6 Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar terletak di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah, tepatnya yaitu berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 kilometer ke arah barat dari Kota Pacitan.

Sejumlah keindahan yang bisa anda nikmati di pantai ini diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang. Perjalanan menuju objek wisata Pantai Klayar Pacitan dapat dikatakan lancar karena sarana jalan sudah diaspal dengan baik.

7 Taman Safari Pasuruan

Taman Safari Pasuruan merupakan kebun binatang yang berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kebun binatang yang berada di lereng Gunung Arjuno menawarkan udara yang sejuk serta panorama alam yang masih asri. Ada sekitar 2.500 satwa dari sekitar 300 spesies yang bisa pengunjung temukan di taman safari ini.



Kebun binatang ini menempati lahan seluas 350 hektare ini. Menariknya, pengunjung bisa berinteraksi langung dengan satwa di alam terbuka. Terdapat wahana Safari Adventure yang akan mengantarkan wisatawan berkeliling Taman Safari Prigen naik kendaraan sehingga bisa berinteraksi langsung dengan satwa.

8 Pantai Gemah Tulungagung

Pantai Gemah berlokasi di Desa Keboireng, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat sepanjang 2 kilometer. Kawasan pantai juga dikelilingi pohon pinus, batu-batu besar, dan tebing berbatu karang. Wisatawan juga dapat menikmati suasana pantai dengan duduk di atas tikar sembari melihat pemandangan sekitar.

Pantai Gemah dapat dicapai dengan waktu tempuh berkisar 1,5 jam dari terminal Tulungagung. Saat mendekat pantai, wisatawan mulai melintasi Jalur Pansela Pacitan-Trenggalek-Tulungagung. Perjalanan ini cukup menyenangkan karena sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah. Sebelum ada jalur pantai selatan, pantai ini jarang disinggahi wisatawan karena letaknya tersembunyi di kawasan Teluk Popoh.

9 Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo terletak di pantai selatan Jawa Timur, tepatnya di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember. Jarak Pantai dari pusat kota Jember adalah 40 kilometer. Untuk sampai ke lokasi wisata, dapat ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6023 seconds (0.1#10.140)