Ini 10 Destinasi Wisata di Jatim yang Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran

Minggu, 23 April 2023 - 13:22 WIB
loading...
Ini 10 Destinasi Wisata di Jatim yang Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran
Pantai Boom Banyuwangi. Foto/Instagram/@bwi.story
A A A
Jatim memiliki banyak destinasi wisata alam dan buatan, yang layak untuk dikunjungi saat libur Idulfitri 1 Syawal 1444 H. Disbudpar Jatim, menyebut Jatim memiliki 1.368 destinasi wisata. Terdiri dari 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya.



Selain itu, Jatim juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata, yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata.



Pada libur lebaran kali ini, tentunya dapat dipakai untuk menikmati berbagai destinasi wisata di wilayah Jatim tersebut. Terdapat 10 destinasi wisata di Jatim, yang paling banyak dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran. Dimana saja itu?

1. Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Telaga yang juga dikenal sebagai Telaga Pasir ini berjarak sekitar 16 kilometer (km) arah barat kota Magetan.

Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Suhu udaranya antara 15 hingga 20 derajat celsius. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Pengunjung dapat menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga atau mengendarai kapal cepat.



Telaga Sarangan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram,dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

2. Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya atau KBS merupakan salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terbesar se Asia Tenggara. KBS pernah menjadi kebun binatang dengan satwa terlengkap. Tak heran, kebun binatang yang berlokasi di Jalan Setail Nomor 1, Darmo, Wonokromo ini selalu menjadi favorit untuk wisata rekreasi keluarga dan wisata edukasi untuk anak-anak di setiap akhir pekan.

KBS berlokasi di lingkungan yang asri dan rindang dengan pohon-pohon besar. Selain sebagai tempat edukasi, juga merupakan kawasan konservasi sekaligus Hutan Kota. KBS ini juga terkenal karena di depannya terdapat patung Surabaya, patung Hiu dan Buaya yang merupakan lambang kota Surabaya.

3 Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang berada di pesisir selatan dan masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Daya tarik pantai ini tentu karena panorama alam yang indah, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer (km), serta hamparan pasir nan luas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)