Banjiri Lapangan Basket Megamas Manado, Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Id

Jum'at, 21 April 2023 - 08:29 WIB
loading...
Banjiri Lapangan Basket Megamas Manado, Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Id
Ribuan jemaah Muhammadiyah di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), menggelar salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah di lapangan basket kawasan Megamas, yang digelar oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulut. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Penuh khusyuk, ribuan jemaah Muhammadiyah di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah di lapangan basket kawasan Megamas. Salat Idulfitri ini, digelar oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulut.



Bertindak sebagai imam Sekretaris PWM Sulut, Ramli Makatungkang, dan Khatib, Delmus Puneri Salim yang juga merupakan Rektor IAIN Manado. Usai pelaksanan salat Idulfitri, ribuan jemaah tersebut, kemudian saling bersilaturahmi dengan sesama jemaah.



Ketua PWM Sulut, Masrur Mustamat mengatakan, perbedaan yang terjadi pada hari ini antara Muhammadiyah dan pemerintah dalam menentukan jatuhnya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah, bukan hal yang pertama kali terjadi, tapi beberapa tahun lalu ini sudah pernah dialami.



"Dan ini bukan suatu masalah ya, tapi ini justru suatu anugerah. Ini yang mengindikasikan bahwa di dalam Islam itu kaya akan khasanah ilmu, terutama ilmu falakiyah," kata Masrur, Jumat (21/4/2023).

Muhammadiyah kata dia, memang memakai metode yang berbeda dan perkembangannya metode hisab atau hitungan ini tidak hanya dipakai oleh warga Muhammadiyah, tapi dipakai oleh warga muslim Indonesia, dan dunia internasional. "Dan Insyaallah, metode hisab ini ke depannya akan dilaksanakan oleh semua warga muslim di Indonesia, dan di dunia," ujarnya.

Banjiri Lapangan Basket Megamas Manado, Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Id




Perbedaan yang terjadi hari ini kata dia, Muhammadiyah berdasarkan hitungan hisab wujudul hilal, yaitu hari raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat 21 April 2023, itu berdasarkan hitungan yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Dan keputusan ini merupakan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang harus diindahkan, dilaksanakan oleh semua warga Muhammadiyah di Indonesia, dan bahkan di luar negeri," ucapnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3016 seconds (0.1#10.140)