Polda Jabar Pastikan Kondisi Jalur Mudik Kondusif pada H-5 Lebaran

Selasa, 18 April 2023 - 01:17 WIB
loading...
Polda Jabar Pastikan Kondisi Jalur Mudik Kondusif pada H-5 Lebaran
Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus memastikan, hingga H-5 Lebaran 2023, kondisi jalur mudik di Jabar masih kondusif. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kapolda Jawa Barat , Irjen Pol Akhmad Wiyagus memastikan kondisi jalur mudik masih kondusif hingga H-5 Lebaran. Polda Jabar sendiri menurunkan puluhan ribu personel dalam Operasi Ketupat 2023, operasi gabungan bersama TNI dan instansi terkait.



"Situasi Kamtibmas sebelum melaksanakan Operasi Ketupat relatif kondusif tidak ada yang menonjol," kata Wiyagus usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (17/4/2023).

Wiyagus juga mengatakan, ratusan pos pengamanan (pospam) juga telah disiapkan di sejumlah jalur mudik di Jabar. Polri bersama instansi terkait juga telah mendirikan ratusan pos di wilayah yang akan dilalui para pemudik. Dia berharap, masyarakat memanfaatkan pos-pos yang telah disiapkan itu.

"Selama Operasi Ketupat ini, Polda Jabar mendirikan sekitar 328 pos, terdiri dari 222 pos pam, 26 pos terpadu, dan 80 pos pelayanan. Dan itu akan diawaki oleh sekitar 27.537 personel yang terdiri dari Polri dan stakeholder," jelasnya.

"Kami imbau seluruh pemudik agar manfaatkan pos ini untuk istirahat. Jangan paksakan mengemudi karena keluarga menunggu di rumah masing-masing," tambahnya.

Wiyagus juga mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi aturan dan rambu-rambu di jalur-jalur mudik. Informasi tentang mudik juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Mari kita kerja sama, masyarakat harus mengetahui informasi terkini terkait situasi jalur mudik, jalur arteri, Japek, Cipali, syukur alhamdulillah tol Cisumdawu juga sudah operasional walaupun sampai 15.00 WIB," tuturnya.

Sejumlah jalur di Jabar, kata Wiyagus, juga telah dapat digunakan oleh masyarakat untuk mudik. Dia berharap, para pemudik bisa pulang ke kampung halamannya dengan lancar, aman, dan selamat.

"Jalur Nagreg sampai Ciamis dan jalur Pansela (Pantai Selatan) semuanya bisa operasional, mudah-mudahan Operasi Ketupat Lodaya ini berjalan aman," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)