Wujudkan Ketahanan Pangan, Santri Ponpes Al Falah Belajar Budi Daya Pisang

Senin, 17 April 2023 - 11:37 WIB
loading...
Wujudkan Ketahanan Pangan, Santri Ponpes Al Falah Belajar Budi Daya Pisang
GGN Jatim menyerahkan bibit pohon pisang serta mengedukasi kalangan pesantren dan warga setempat cara penanaman yang baik, Minggu (16/4/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KEDIRI - Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim menyerahkan bibit pohon pisang serta mengedukasi kalangan pesantren dan warga setempat cara penanaman yang baik dan benar. Kegiatan itu digelar di Ponpes Al Falah Mojosari, Desa Karangtalun, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri.

"Kami mengadakan pelatihan tata cara menanam bibit pohon pisang yang baik dan benar. Ini juga supaya pisang buahnya lebih besar dan cengkehannya juga banyak," kata Korwil GGN Jatim Gus Alwy Hasan, Minggu (16/4/2023).

Relawan Ganjar Pranowo itu ingin mendorong ketahanan pangan serta menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat dengan pisang. "Jenis (yang diberikan) pisang ambon dan pisang rojo (raja). Kenapa kami pilih pisang ambon, karena ini lebih bisa dinikmati oleh masyarakat luar baik masyarakat arus bawah dan masyarakat arus atas," jelasnya.

Pohon pisang memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya dari buahnya, bahkan daun maupun batangnya memiliki manfaat yang penting untuk kehidupan manusia. "Ini yang kami tanam pisang ambon jenis sunkis yang bisa masuk ke swalayan-swalayan. Tujuan kami ya supaya meningkatkan taraf perekonomian di lingkungan pesantren sini," tambahnya.

Pengasuh Ponpes Al Falah Mojosari Gus Muhibul Fauzi (30) menyambut baik bantuan bibit dan pelatihan menanam pohon pisang. Dia berharap setelah pohon pisang ini tumbuh dapat dimanfaatkan para santri maupun masyarakat setempat menjadi ladang bisnis.

"Ini suatu terobosan yang bagus. Bagaimana ke depan santri itu tidak hanya pinter ilmu kitab, tapi juga pinter secara ilmiah seperti nanam pohon seperti itu," katanya.

Dalam kegiatan ini, GGN Jatim bersama santri, pengasuh ponpes, dan masyarakat setempat juga menggelar doa bersama untuk negeri. Selain itu, mereka turut mendoakan agar langkah Ganjar menjadi Presiden 2024 bisa tercapai. Untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa, diisi dengan tausiah bertajuk perbedaan ulama dalam menentukan Idulfitri.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)