Karomah Syekh Sadzali dan Mata Air Tiga Rasa yang Dikeramatkan

Senin, 17 April 2023 - 05:25 WIB
loading...
Karomah Syekh Sadzali dan Mata Air Tiga Rasa yang Dikeramatkan
Pintu masuk ke makam Syekh Hasan Sadzali di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tepatnya di atas Air Terjun Monthel. Foto/Dok. desa-japan.kuduskab.go.id
A A A
Berkelana dari Baghdad, Irak, Syekh Hasan Sadzali akhirnya singgah di tanah Jawa, untuk menyebarkan Islam. Nama besarnya, selalu terkait erat dengan Gunung Muria, yang dipercaya sebagai salah satu lokasi untuk menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa.



Dilansir dari desawisatajapan.com, Syekh Hasan Sadzali juga banyak disebut oleh masyarakat, dengan nama Syekh Abu Hasan Sadzali. Hingga kini petilasan Syekh Hasan Sadzali, masih bisa disaksikan di Gunung Muria.



Letak makam Syekh Sadzali berada di lereng Gunung Muria, dan hanya berjarak sekitar 3 km dari makam Sunan Muria. Hal ini, membuat banyak orang yang mengkaitkan Syekh Sadzali dengan Sunan Muria, yang merupakan salah satu tokoh Wali Songo tersebut.



Dalam laman desawisatajapan.com, pengurus makam Syekh Sadzali, Sukarno Ichsan menyebutkan, pernah bertanya soal jati diri Syekh Sadzali kepada Mursyid Thariqah Syadziliyyah, Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya yang berdomisili di Pekalongan, Jateng.

Menurut Habib Luthfi, Syekh Sadzali lebih dahulu mensyiarkan Islam dibanding Wali Songo. Jarak antara Syekh Sadzali dengan Wali Songo sekitar satu abad. Bahkan, diyakini Syekh Sadzali merupakan guru Sunan Muria.

"Kalau Wali Songo abad 14 atau 15, maka Syekh Sadzali 100 tahun sebelumnya. Daulu warga pernah menemukan batu bata kuno di area sekitar makam Syekh Sadzali yang diperkirakan dari abad 12 atau 13. Batu bata itu diduga kuat merupakan bagian dari musala yang dibangun Syekh Sadzali," kata Sukarno Iksan dalam laman desawisatajapan.com.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6350 seconds (0.1#10.140)