Disdik Siapkan Skema Khusus KBM di Sekolah

Senin, 20 Juli 2020 - 08:09 WIB
loading...
Disdik Siapkan Skema Khusus KBM di Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay
A A A
SENTANI - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay mengaku Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura sudah menyiapkan skema baru bagi siswa-siswi SMP SD dan TK Paud ketika pemerintah kedepannya kembali mengijinkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Skema baru yang dirancang oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura itu berupa kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem shift.

"Kami sudah menyiapkan skema baru manakala pemerintah bagi mengijinkan kegiatan belajar mengajar ini dilaksanakan di sekolah," kata Ted Y. Mokay, Sabtu (18/7/2020).

Dia mengaku penerapan kegiatan belajar mengajar di sekolah memang ekstra hati-hati. Karena anak-anak ini cukup sulit untuk diarahkan terkait dengan penerapan protokol kesehatan. Karena alatnya pergaulan antara anak di sekolah bisa lebih memudahkan penyebaran covid-19 ini lebih cepat.

"Karena itu sekolah-sekolah ini kita juga mengikuti anjuran dari dinas pendidikan provinsi kita diberikan edaran untuk SMP itu sampai dengan 31 Juli tetap dirumah dan nanti kita dari dinas juga ikuti perkembangan dan arahan dari gugus tugas Kabupaten mengenai Apakah anak-anak ini selanjutnya bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah,"kata Ted Y. Mokay.

Sehubungan dengan penerapan kegiatan belajar mengajar apabila diizinkan dilaksanakan di sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura juga sudah menyiapkan skema, misalnya untuk satu kelas siswa SMP daya tampung itu sebanyak 32 siswa. Namun selama pandemi covid 19 ini dibagi menjadi dua shift. Satu shift pagi Kemudian satu shift lagi dilaksanakan siang hari. Kemudian jam pelajaran di kelas juga dikurangi dari 40 menit Menjadi 30 menit 1 mata pelajaran.

"Seperti itu nanti akan kita atur tinggal nanti kalau itu diperbolehkan kita jalan tetapi kalau belum diijinkan anak-anak tetap kita Arahkan untuk belajar di rumah,"katanya.

Dia menjelaskan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di rumah Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura juga menyiapkan fasilitas dan sarana belajar melalui layanan Radio Kenambai Umbai. Layanan pendidikan melalui Radio Kenambay Umbay ini sudah berlangsung sejak bulan Maret lalu. Untuk itu pihaknya berharap kepada seluruh orang tua siswa bisa mengganti peran guru di rumah dengan membimbing anak-anaknya belajar. Selain itu layanan kegiatan belajar mengajar juga dibantu dengan program televisi kenambai Umbai belajar.

"Sekarang sudah kerja sama dengan TV kabel kita di sini ada sekitar 15 ribu sambungan itu juga bisa diakses oleh anak-anak untuk mengikuti pelajaran pelajaran yang disampaikan oleh guru-guru kita di sini. Jadi kita pilih guru-guru yang baik dan mereka mengajar di televisi dan itu bisa di ikuti oleh anak-anak. Kita harap ya kalau bisa orang tua bisa tuntun supaya anak-anak tidak usah Putar film pada jam yang ditentukan," tambahnya. (*)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)