MasyaAllah! Narapidana Lapas Perempuan Malang Khusyuk Tadarusan, Sehari Baca 4 Juz Al Qur'an

Rabu, 05 April 2023 - 13:39 WIB
loading...
MasyaAllah! Narapidana Lapas Perempuan Malang Khusyuk Tadarusan, Sehari Baca 4 Juz Al Quran
Lantunan ayat-ayat suci Al Quran oleh para narapidana terdengar menggema dari aula Lapas Perempuan Kelas II A Malang, Jawa Timur. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Lantunan ayat-ayat suci Al Qur'an terdengar menggema dari aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Malang, Jawa Timur. Tadarusan itu dilakukan oleh puluhan narapidana atau warga binaan selama bulan suci Ramadan 2023.

MasyaAllah! Narapidana Lapas Perempuan Malang Khusyuk Tadarusan, Sehari Baca 4 Juz Al Qur'an

Dalam kegiatan pondok pesantren (ponpes) saat bulan Ramadan, para warga binaan bisa mendapat porsi belajar mengaji Al Qur'an lebih besar, dibandingkan hari-hari biasanya. Kegiatan tadarus Al Qur'an ini dilakukan seusai ceramah agama yang disampaikan ustaz dilakukan.


Pada kegiatan tadarus Al Qur'an ini, warga binaan membagi beberapa kelompok dengan memusatkan kegiatan tadarus Al Qur'an di Aula Kartini Lapas Perempuan Kelas II A Malang, selama empat jam per harinya.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia pada Rabu (5/4/2023) suara merdu warga binaan terdengar ketika memasuki ruangan Aula Kartini, yang berada di tengah-tengah kompleks Lapas Perempuan. Para warga binaan ini duduk melingkar membentuk kotak dengan dibagi beberapa kelompok saat membaca Al Qur'an.

Masing-masing warga binaan membawa Al Qur'an duduk di aula yang telah disulap dijadikan sebagai tempat ibadah kegiatan keagamaan islam selama bulan Ramadan. Narapidana dibagi menjadi lima kelompok. Sementara ada satu orang yang memimpin mengaji dengan menggunakan mikrofon dan pengeras suara.

Terlihat setiap warga binaan perempuan ini begitu khusyuk melafalkan ayat-ayat Allah tersebut. Terlihat beberapa warga binaan sampai berkaca-kaca tak kuasa menahan haru mengingat kesalahan-kesalahan yang dibuatnya hingga akhirnya masuk ke dalam Lapas Perempuan Kelas II A Malang.



Plt Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Kelas II A Malang Lilik Sulistiyowati menuturkan, kegiatan tadarus Al Qur'an ini merupakan kegiatan rutin selama bulan Ramadan. Kegiatan ini menjadi satu rangkaian dari pondok Ramadan yang selama ini memang digelar Lapas Perempuan hanya intensitas tadarusnya yang ditambah dengan alokasi selama empat jam seharinya.

"Kegiatan kita pusatkan di aula, Alhamdulillah setiap harinya kita bisa khatam sampai 3-4 juz. Waktunya empat jam setiap harinya," ucap Lilik Sulistiyowati ditemui di Lapas Perempuan, pada Rabu (5/4/2023).

Selama Ramadan, tadarus Al Qur'an dilakukan dari jam 10.00 WIB hingga menjelang salat dhuhur, kemudian berlanjut setelah dhuhur hingga menjelang salat ashar, setelah salat isya, dan salat tarawih berjamaah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3798 seconds (0.1#10.140)