Sumatera Utara Kekurangan 12.000 Guru, Terutama Daerah Terpencil

Senin, 03 April 2023 - 21:02 WIB
loading...
Sumatera Utara Kekurangan 12.000 Guru, Terutama Daerah Terpencil
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.
A A A
SIMALUNGUN - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kekurangan 12 ribu guru . Utamanya guru yang bersedia ditempatkan di daerah-daerah terpencil. Hal itu dikatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, usai meninjau lokasi pembangunan SMK 1 Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Senin (3/4/2023).

"Saat ini kami kekurangan guru. Guru yang mau ditempatkan di daerah. Karena sekarang guru kebanyakan hanya mau bekerja di kota saja," kata Edy

Selain kebutuhan guru, sekolah, utamanya sekolah kejuruan (vokasi) juga sangat tinggi. Seperti di kawasan-kawasan industri yang seharusnya bisa menjadi pemasok utama tenaga kerja ke industri.

Baca juga: Polisi Tangkap Truk Bermuatan 22 Bal Pakaian Bekas Impor

"Seperti di Kecamatan Bandar, Simalungun ini. Pembangunab (sekolah) ini bertujuan untuk meningkatkan SDM siap pakai. Kecamatan Bandar salah satu kawasan pemukiman yang dekat dengan Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) Sei Mangkei. Saya ingin putra-putra kita nanti yang bekerja di sana, karena itu SDM kita harus di tingkatkan," pungkas Edy.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan SMK sangat dibutuhkan di Kecamatan Bandar. Dearah yang dekat dengan KEK Sei Mangkei ini butuh SDM unggul yang siap bekerja.

"Ada sekitar 88 ribu masyarakat Kecamatan Bandar dan dekat dengan KEK Sei Mangkei, jadi kita di sini butuh SDM siap pakai, kami bersyukur Pak Gubernur mau membangun SMK di sini," kata Radiapoh Hasiholan Sinaga.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)