Munadi Herlambang: Ponpes Tebuireng Jadi Pilot Project Keselamatan Berkendara

Senin, 03 April 2023 - 18:33 WIB
loading...
Munadi Herlambang: Ponpes Tebuireng Jadi Pilot Project Keselamatan Berkendara
Direktur Kelembagaan PT Asuransi Jasa Raharja Munadi Herlambang (kiri) dan perwakilan Ponpes Tebuireng.Foto/ist
A A A
JOMBANG - Santri Pondok Pesantren Tebuireng , Jombang, Jawa Timur, mendapat edukasi tentang keselamatan lalu lintas. Pendidikan dan pelatihan ini meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat mengenai keselamatan berkendara.

PT Jasa Raharja dan Korlantas Polri sengaja mengadakan ini di Jawa Timur karena provinsi ini jumlah angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di Indonesia.

“Karena Jawa Timur tercatat menjadi provinsi dengan angka kecelakaan tinggi pada 2022 maka edukasi sejak dini mengenai keselamatan berkendara kepada pelajar menjadi sangat urgent,” ujar Direktur Kelembagaan PT Asuransi Jasa Raharja Munadi Herlambang, Senin (3/4/2023) .

Menurutnya, program-program keberlanjutan dengan melakukan kampanye dan sosialisasi tentang aman berkendara (safety riding campaign) dengan tujuan santri dari Pondok Pesantren Tebuireng.

Pesantren Tebuireng akan menjadi pelopor keselamatan dan santrinya menjadi role model aman berkendara, yaitu Trimandara (Santri Aman Berkendara).

Baca juga: Bertemu Khofifah di Tabligh Akbar MAS, Pengurus Perindo Mas Kiai Rifqi Bahas Banyak Hal

Trimandara menjadi bentuk dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Empat (TPB 4) yaitu Pendidikan Berkualitas. Dalam program ini santri akan dibekali edukasi tertib berlalu lintas.

“Trimandara adalah pahlawan keselamatan berlalulintas. Jadi pahlawan ini tidak hanya di dalam hal satu kegiatan tapi ada juga kegiatan keselamatan darat, laut, sarana pendidikan, sarana umum, dan sarana ibadah. Ini semua kita kemas dalam rangka meminimalisir angka kecelakaan,” tambahnya.

Selain Jawa Timur kegiatan Trimandra juga akan dilaksakan di sejumlah pondok pesantren yang ada di Jawa Barat dan Jabotabek.

Diketahui, data statistik menunjukkan angka kecelakaan sepanjang 2022yaitu 6.707 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 452 orang, luka berat 972, luka ringan 6.704 orang. Kerugian material sekitar Rp13 miliar.

Sedangkan provinsi dengan jumlah kecelakaan lalu lintas tertinggi di Indonesia antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan sekitarnya (wilayah hukum Polda Metro Jaya), DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Aceh, Bali, serta Sumatra Barat.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)