16 Desa di Madiun, Ngawi dan Magetan Perbaiki Jalan hingga Percantik Gapura

Sabtu, 01 April 2023 - 00:00 WIB
loading...
16 Desa di Madiun, Ngawi dan Magetan Perbaiki Jalan hingga Percantik Gapura
Karang taruna dari 16 desa di wilayah Madiun, Magetan dan Ngawi mengadakan kegiatan bersama mengisi Ramadan di antaranya mempercantik kampung.
A A A
MADIUN - Karang taruna (kartar) dari 16 desa di wilayah Madiun, Magetan dan Ngawi mengadakan kegiatan Ramadan secara serentak. Kegiatan Ramadan Heppiii ini diisi perbaikan dan penambahan fasilitas umum serta fasilitas sosial.

Ini merupakan kegiatan rutin dengan tema Bersama Melakukan Kebaikan' yang melibatkan kartar di desa-desa wilayah Jatim.

Menurut koordinator kegiatan acara wilayah Madiun, Ngawi, dan Magetan Tri Prasetyanto, setiap desa memperbaiki fasilitas yang ada. Seperti gapura desa, renovasi pos ronda, pembuatan bak sampah, termasuk pengadaan dan penggantian lampu penerang jalan umum, serta kegiatan sosial lain.

"Semua kegiatan ini diarahkan untuk memperbaiki fasilitas desa, baik itu bentuknya renovasi maupun membuat baru. Tujuannya sesuai dengan tema yakni 'bersama melakukan kebaikan' di bulan puasa ini," kata Tri, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Ratusan Desa di Jatim Serentak Ikuti Kegiatan Ramadhan 2023

Ada 16 desa yang telah mengkonfirmasi mengikuti kegiatan serempak tersebut. Mereka telah menginformasikan fasilitas apa saja yang akan diperbaiki. Kegiatan disesuaikan dengan kesepakatan warga setempat.

Kegiatan setiap desa di Madiun, Ngawi dan Magetan berbeda-beda. Di Desa Candimulyo pembuatan dumpal dan tiang bendera. Desa Dagangan akan ada perawatan lampu penerangan jalan umum (PJU) dan pembuatan terop.

Desa Jiwan pembuatan polisi tidur di 10 titik jalan. Desa Baleasri pembuatan sekretariat Karta, Desa Plumpung pengecatan sejumlah fasilitas umum (fasum). Desa Tanjung Sepreh pembuatan papan petunjuk jalan, Desa Mangunharjo ada pembuatan bak sampah.

"Untuk Desa Singgahan, Purwosari, dan Desa Poncol ada pengecatan fasum. Kemudian Desa Sareng ada pembuatan dumpal dan tiang bendera, Desa Ngiliran dan Desa Sukowidi ada pembuatan PJU, kemudian di Desa Sidomakmur ada pembelian genset, dan Desa Mantingan ada perbaikan jalan ke makam," ungkapnya.

Koordinator Heppiii Community di tingkat nasional Ronald Theo Lesmana mengucapkan terima kasih atas kolaborasi karang taruna di berbagai desa di Jawa Timur yang sudah berjalan secara rutin setiap tahunnya.

"Tahun ini ada lebih dari 200 desa di 17 kabupaten kota di Jawa Timur dan sebagian ada di Pangkalan Bun yang mengikuti Ramadan Heppiii 2023. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk warga desa," jelasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7480 seconds (0.1#10.140)