Ratusan Desa di Jatim Serentak Ikuti Kegiatan Ramadhan 2023

Rabu, 01 Maret 2023 - 11:08 WIB
loading...
Ratusan Desa di Jatim Serentak Ikuti Kegiatan Ramadhan 2023
Salah satu kegiatan Ramadhan Heppiii tahun lalu. Tahun ini kegiatan serupa diikuti ratusan desa yang tergabung dalam desa Heppiii Community dimulai Maret 2023 hingga menjelang lebaran.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Ramadhan sebentar lagi tiba. Beragai persiapan dilakukan umat muslim untuk menyambut bulan suci ini. Begitu juga 200 desa yang tergabung dalam karang taruna (kartar) Heppiii Community di Jawa Timur ini, bakal menggelar Kegiatan Ramadhan Heppiii awal Maret hingga 7 hari menjelang lebaran.

Kegiatan tahun ini mengambil tema 'gerakan bersama melakukan kebaikan'. Kegiatan ini dilakukan dengan memperbaiki fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) seperti gapura, pos ronda, kemudian pengadaan lampu penerang jalan hingga menambah fasilitas tempat ibadah pada momen bulan puasa.

Sejumlah desa di Jawa Timur seperti Probolinggo sudah mempersiapkan kegiatan tersebut, salah satunya dengan mendata titik-titik yang akan dibangun lampu penerang jalan. Pengadaan lampu ini berdasarkan hasil rapat karang taruna (karta) setempat.

Baca juga: Pria Tulungagung Koleksi Tali Pocong Orang Meninggal Selasa Kliwon, Patahkan Mitos Kesaktian

"Pada Ramadhan Heppiii tahun ini kami banyak memilih Kegiatan pengadaan lampu penerang jalan, ada penambahan 34 titik," kata Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo, Dwi Haryantoro, Rabu (1/3/2023).

Selain pengadaan lampu ada juga Kegiatan pengecatan gapura, kemudian mengajak anak yatim membeli baju lebaran, serta ziarah wali. Saat ini dalam persiapan untuk dilaksanakan mulai bulan ramadhan.

Koordinator Kartar Heppiii Community di Pasuruan Wahyu Samudra juga tengah menyiapkan Kegiatan Ramadhan Heppiii. Tahun ini targetnya adalah pengecatan tempat ibadah dan penambahan fasilitas untuk mengaji selama bulan puasa.

Koordinator Heppiii Community tingkat nasional Ronald Theo Lesmana mengatakan pihaknya selalu konsisten untuk mengarahkan karta di tiap desa yang tergabung dalam Heppiii Community untuk membangun desa.

Setiap desa, kata dia, memiliki kegiatan khusus sesuai dengan kebutuhan warga di desa setempat. Dia mencontohkan ada desa yang memerlukan pengadaan lampu penerang jalan, ada juga yang digunakan untuk membantu anak yatim hingga pengadaan sembako untuk warga.

"Tahun ini ada 200-an desa dari 16 kabupaten kota yang berpartisipasi, dimulai dari karta di desa wilayah Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Kediri, Jombang, Madiun, Probolinggo, kemudian Jember, sampai Banyuwangi. Tahun ini juga ada penambahan desa yang ikut di wilayah Pangkalan Bun," katanya.

Pihaknya berharap selain bisa membangun desa, warga juga makin rukun dan guyub, dan tentunya menambah nilai manfaat kepada yang lainnya. Kegiatan ini juga selalu ditunggu masyarakat setiap bulan Ramadhan tiba.

Kegiatan Ramadhan Heppiii tahun ini lebih banyak diikuti peserta dibanding dengan tahun sebelumnya yang hanya di 14 daerah. Tahun ini ada 16 daerah yang mengikuti Kegiatan tersebut. Setiap desa tahun ini menyertakan sekitar 7 hingga 19 desa yang akan bersama-sama melakukan kegiatan Ramadhan Heppiii sepanjang bulan puasa.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4057 seconds (0.1#10.140)