Kisah Ganasnya Invasi Orang-orang Demak Tewaskan Kakek Jaka Tingkir dan Ayah Sunan Kudus

Rabu, 29 Maret 2023 - 04:58 WIB
loading...
Kisah Ganasnya Invasi Orang-orang Demak Tewaskan Kakek Jaka Tingkir dan Ayah Sunan Kudus
Invasi orang-orang Demak yang menyerang Kerajaan Majapahit sangat dahsyat hingga menewaskan kakek Jaka Tingkir dan ayah Sunan Kudus. Foto: Ilustrasi/Ist
A A A
Sepeninggal Sunan Ampel (wafat 1481 Masehi), yakni Wali Songo tertua, kesultanan Demak Bintoro kembali menginvasi Kerajaan Majapahit yang belum sepenuhnya ditaklukkan.

Dengan kekuatan penuh, orang-orang Demak menyerang orang-orang Majapahit yang bertahan di wilayah-wilayah pedalaman. Yakni kawasan-kawasan di mana banyak penduduk yang masih memegang kuat keyakinan sekaligus tradisi Hindu- Budha.

Pertempuran sengit meletus di wilayah Tunggarana Wirasaba, perbatasan antara Jombang dan Kediri Jawa Timur. Orang-orang Majapahit melawan sekuat daya. Mereka tidak mau menyerah begitu saja.

Dalam buku Atlas Wali Songo (2016) disebutkan, pasukan Demak yang terdiri dari barisan santri dipimpin oleh Sunan Ngudung atau Pangeran Ngudung, yakni Imam masjid Demak. Sunan Ngudung tak lain ayah Ja’far Shadiq atau Sunan Kudus.



“Di bawah pimpinan Imam masjid Demak, Pangeran Ngudung (Sunan Ngudung) dan pemuka agama yang lain, para santri yang tergabung dalam laskar Suranata bergerak menuju Majapahit”.

Serat Kandhaning Ringgit Purwa Jilid IX Pupuh 413 menggambarkan, pertempuran berlangsung begitu dahsyat. Di tengah gemuruh sorak-sorai, orang-orang Majapahit dan santri Demak saling serang, saling tebas, saling tikam. Intinya mereka saling bunuh.

Pasukan santri Demak yang bertarung dengan ganas sekaligus tak takut mati, berhasil mendesak orang-orang Majapahit hingga bergeser ke belakang.



Di atas kuda, Sunan Ngudung yang berada di posisi terdepan mengenakan Jubah Antakusuma. Konon, jubah yang diperoleh ulama Demak dari langit itu pernah dikenakan Nabi Muhammad SAW. Jubah diyakini membuat pemakainya kebal senjata tajam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3293 seconds (0.1#10.140)