Tenun.in, Program CSR PT SMI bersama Insan Bumi Mandiri Raih CSR Campaign of the Year di Ajang PRIA 2023

Senin, 27 Maret 2023 - 17:34 WIB
loading...
Tenun.in, Program CSR PT SMI bersama Insan Bumi Mandiri Raih CSR Campaign of the Year di Ajang PRIA 2023
Program pemberdayaan Tenun.in yang diprakarsai Insan Bumi Mandiri dan PT SMI berhasil berdayakan penenun di NTT hingga raih CSR Campaign of the Year di ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2023.
A A A
BANDUNG - Program pemberdayaan Tenun.in yang diprakarsai oleh Insan Bumi Mandiri dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) berhasil berdayakan penenun di Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga raih CSR Campaign of the Year dalam ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2023. Hingga saat ini, ada ratusan penenun perempuan di NTT yang berhasil diberdayakan melalui program Tenun.in.

Melalui dukungan dari PT SMI, sejak 2018, Tenun.in sudah memberdayakan penenun NTT melalui rangkaian pembinaan. Selain hadir dengan misi meningkatkan perekonomian penenun NTT, Tenun.in juga dibentuk untuk melestarikan budaya tenun NTT. Saat ini, Insan Bumi Mandiri telah berhasil mendirikan 4 sentra tenun yang tersebar di Alor, Sumba, Ende, dan Belu.

Saat ini, Tenun.in berhasil memberdayakan 193 penenun dan meningkatkan produktivitas mereka sebanyak 50%, serta meningkatkan pendapatan bulanan lebih dari 40%. Produk Tenun.in yang meliputi dompet, tas, lanyard dll. telah menjangkau pasar nasional dan internasional. Tenun.in juga berhasil menjadi salah satu official merchandise pada gelaran MotoGP Mandalika 2022 dan tersedia di Dubai Expo 2020.

Dalam mencapai keberhasilan tersebut, Tenun.in harus menghadapi beberapa tantangan komunikasi yang meliputi perbedaan budaya, keterbatasan jarak, dan pola pikir. Melalui strategi berupa pendekatan kultural, sosialisasi yang berkelanjutan, dan membangun sentra tenun, Insan Bumi Mandiri berhasil menghadapi tantangan komunikasi tersebut.

“Saya bersyukur dengan adanya Tenun.in. Semenjak ada Tenun.in, saya dapat menambah ilmu tentang bentuk motif yang baru dari teman-teman penenun lain. Selain itu, bantuan alat gulung, mesin jahit, dan benang yang diberikan oleh Insan Bumi Mandiri juga sangat membantu,” ucap Mama Kris tentang perasaannya terhadap kehadiran Tenun.in.

Pada ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2023, program pemberdayaan Tenun.in dinobatkan sebagai CSR Campaign of the Year. Penghargaan tersebut berhasil memvalidasi kualitas program pemberdayaan yang dilakukan oleh Insan Bumi Mandiri. Selain itu, penghargaan tersebut juga berhasil memperkukuh kredibilitas Insan Bumi Mandiri sebagai lembaga filantropi yang berfokus dalam memberdayakan daerah pedalaman Indonesia.
Tenun.in, Program CSR PT SMI bersama Insan Bumi Mandiri Raih CSR Campaign of the Year di Ajang PRIA 2023

CEOInsan Bumi Mandiri Zulfa Faizah berharap, ke depan Tenun.in dapat menjadi lebih baik lagi dan tidak berhenti hanya membangun 4 sentra saja. "Semoga kami juga bisa membuat program pemberdayaan di tempat lain dengan kualitas menyamai Tenun.in atau bahkan lebih baik,” katanya.

PR Indonesia Awards adalah sebuah ajang kompetisi untuk mengapresiasi upaya dan kinerja public relations (PR) dari korporasi maupun instansi di seluruh Indonesia. Mengusung tema 'Komunikasi untuk Peradaban Negeri', ajang bergengsi PR Indonesia Awards (PRIA) 2023 diikuti oleh 837 entri dari 235 instansi.

Pada ajang tersebut, selain mendapatkan penghargaan CSR Campaign of the Year, program pemberdayaan Tenun.in juga berhasil menjadi Gold Winner pada kategori Program CSR subkategori Community Based Development.

Hingga saat ini, program pemberdayaan Tenun.in masih berjalan. Selain Tenun.in, Insan Bumi Mandiri juga banyak merintis program pemberdayaan lain. Informasi lebih lanjut mengenai program-program pemberdayaan untuk masyarakat pedalaman lain yang masih dan akan terus dikembangkan oleh Insan Bumi Mandiri dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)