Warga Tuntut Galian C Tanjungrejo Ditutup

Selasa, 27 Oktober 2015 - 12:29 WIB
Warga Tuntut Galian C Tanjungrejo Ditutup
Warga Tuntut Galian C Tanjungrejo Ditutup
A A A
KUDUS - Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menggelar aksi demonstrasi di Alun-alun Simpang Tujuh. Massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Peduli Lingkungan (ARPL) Tanjungrejo mendesak aktivitas tambang galian C di wilayahnya ditutup karena izinnya dituding cacat hukum.

Dalam aksinya, massa membekali diri dengan berbagai poster. Isinya antara lain "Jangan Rusak Alam", "Cabut Izin Pertambangan Galian C", "Tutup Galian C", dan lain sebagainya.

Koordinator aksi ARPL Muhammad Kholilul Umam mengatakan, pemkab harus segera menutup tambang galian C Tanjungrejo. Selain merusak lingkungan dan mata air, tambang galian C itu juga cacat hukum. Sebab sejak awal warga tidak pernah memberikan persetujuan, namun anehnya izin perusahaan tambang galian C terbit sehingga bisa beroperasi.

"Ini pasti ada oknum yang bermain. Dokumen lingkungan harus dipublikasikan agar terlihat siapa yang memberikan izin," kata Umam, Selasa (27/10/2015).

Aksi massa ini terhenti di depan pintu gerbang Pendopo Kudus. Aparat polisi maupun Satpol PP Kudus menghalangi gerak peserta demo. "Kalau aksi ini tidak digubris kami akan datang lagi dengan ribuan massa untuk menggoyang Bupati Kudus," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5288 seconds (0.1#10.140)