Wujudkan Kabupaten Insklusif, Pemkab Bojonegoro Gelar Musrenbang Perempuan

Rabu, 22 Maret 2023 - 12:19 WIB
loading...
Wujudkan Kabupaten Insklusif, Pemkab Bojonegoro Gelar Musrenbang Perempuan
(Foto: dok. Bojonegoro)
A A A
BOJONEGORO - Sebagai langkah mewujudkan Bojonegoro sebagai kabupaten inklusif, Pemkab Bojonegoro menggelar Musrenbang Perempuan, Anak dan Penyandang Disabilitas di Pendopo Malowopati, Selasa (21/03/2023).

Kabupaten Bojonegoro akan terus berusaha menerapkan kesetaraan tanpa adanya unsur diskriminatif.

Dalam sambutanya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa di Kabupaten Bojonegoro musrenbang khusus perempuan sudah dilaksanakan sejak tahun 2021.

Langkah ini sebagai bentuk wadah aspirasi maupun inspirasi menampung kebutuhan dalam perencanaan maupun pelayanan.

“Dengan adanya musrenbang ini, para peserta dapat memberikan saran dan masukan terhadap perencanaan di tahun 2024,” ujar Bupati.

Ibu Pembangunan Bojonegoro ini menjelaskan bahwa di Bojonegoro telah dilakukan pengejawantahan dari sebuah program baru. Pada tahun 2023 Pemkab Bojonegoro berencana mempersiapkan program cakap nikah yaitu memberikan insentif bagi putra-putri Bojonegoro yang menikah untuk pertama kali sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dengan pengejawantahan ini kami berharap dapat membuat perencanaan jangka panjang dalam pembangunan Bojonegoro yang melibatkan perempuan, anak dan penyandang disabilitas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bojonegoro Anwar Mukhtadlo mengatakan bahwa kegiatan musrenbang bertujuan meningkatkan keterlibatan dan pastisipasi kelompok perempuan, anak dan penyandang disabilitas maupun kelompok masyarakat perempuan lainya. Partisipasi itu dalam rangka perumusan perencanaan daerah.

“Nantinya masukan-masukan dari peserta musrenbang sangat kita perlukan dalam menentukan perencanaan pada tahun 2024,” tuturnya.

Selain Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, hadir pula Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bojonegoro Anwar Mukhtadlo, Kepala OPD perempuan, camat perempuan, kepala desa perempuan, organisasi masyarakat perempuan, forum anak dan perwakilan penyandang disabilitas.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)