Asal-usul Nama dan Sejarah Palembang, Tempat Kelahiran Pebulu Tangkis Indonesia Mohammad Ahsan

Senin, 20 Maret 2023 - 13:39 WIB
loading...
Asal-usul Nama dan Sejarah Palembang, Tempat Kelahiran Pebulu Tangkis Indonesia Mohammad Ahsan
Asal-usul nama dan sejarah Palembang menjadi sebuah topik pembahasan yang menarik untuk diulas. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Asal-usul nama dan sejarah Palembang menjadi sebuah topik pembahasan yang menarik untuk diulas. Selain kaya akan sejarah, kota ini juga menjadi tempat kelahiran banyak tokoh terkenal di tanah air. Salah satunya Mohammad Ahsan .

Mohammad Ahsan adalah pebulu tangkis andalan Indonesia yang berlaga di All England 2023.

Sejarah dan Asal-usul Nama Kota Palembang

Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Mengutip informasi dari laman Pemkot Palembang, Senin (20/3/2023), Palembang dibentuk sebagai wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada 16 Juni 682 Masehi.



Menurut topografinya, wilayah Palembang dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Adapun air tersebut bersumber dari sungai, rawa, hingga air hujan sekalipun.

Melihat sejarahnya, penamaan Palembang ini memiliki beberapa versi berbeda. Salah satu yang populer adalah terkait wilayahnya yang disebut banyak dikelilingi oleh air.

Versi tersebut menafsirkan bahwa Palembang ini berasal dari bahasa Melayu. Kata ‘Pa’ atau ‘Pe’ sebagai penunjukan ke keadaan atau kondisi. Sedangkan ‘lembang’ atau ‘lembeng’ adalah tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak (karena lama terendam air), hingga genangan air.

Maka dari itu, dengan asal muasal dari dua kata tersebut, Palembang diartikan sebagai sebuah tempat yang digenangi air.



Dalam sejarahnya, Palembang juga cukup identik dengan Kerajaan Sriwijaya yang pernah eksis di tanah air. Pada riwayatnya, mereka menjadi salah satu kerajaan besar yang punya pengaruh dan kekuasaan.

Sejumlah raja yang terkenal dari kerajaan Sriwijaya ini di antaranya adalah Dapunta Hyang Sri Jayanasa, Balaputradewa, hingga Sanggrama Wijayatunggawarman.

Selain itu, kota Palembang juga memiliki sederet julukan menarik yang berbeda-beda. Di antaranya adalah Bumi Sriwijaya, Palembang Darussalam, Kote Pempek, Venesia dari Timur, dan lain sebagainya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)