Asal Usul Nama dan Sejarah Manado, Dicetuskan Pertama Kali Pelaut Portugis

Minggu, 29 Januari 2023 - 20:23 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Manado, Dicetuskan Pertama Kali Pelaut Portugis
Tampak pusak kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Ternyata asal usul nama Manado dicetuskan pertama kali oleh pelau Portugis. Foto: Dok/MPI
A A A
MANADO - Kota ini terletak di tepi pantai yang dikelilingi pegunungan. Kota ini juga terkenal keindahan bawah lautnya seperti Siladen, Manado Tua dan juga Bunaken.

Yah, Manado adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Keindahan alam yang dimiliki menyimpan banyak cerita dan sejarah yang menarik untuk dibahas.

Nama Manado berasal dari kata Manaroe atau Manadou yang dalam penyebutannya sama dengan bahasa Sangihe, yaitu Manaro yang memiliki arti dijauh atau negeri yang terletak sangat jauh.



Dilansir dari laman resmi pemerintah bahwa sebelum menjadi Kota yang mempunyai wilayah administrasi sendiri, Manado merupakan bagian dari Minahasa yang tercatat sampai akhir tahun 1974.

Bahkan sebelum menjadi nama Manado, yang lebih tua dari penyebutan kota ini adalah Wenang yang kemudian diubah menjadi Manado. Nama ini dilabelkan karena pada saat itu menginduk di pemerintahan Minahasa.



Menurut Prof Geraldine Manoppo Watuponggoh bahwa penggantian nama Wenang tersebut dilakukan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1682.

Namun terdapat sumber lain menyebutkan bahwa pergantian nama Wenang menjadi Manado tidak dilakukan oleh Spanyol, melainkan oleh pemerintahan VOC Belanda.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)