Wabup OKU Selatan Positif COVID-19, Ini Kata Gubernur Sumsel

Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:49 WIB
loading...
Wabup OKU Selatan Positif COVID-19, Ini Kata Gubernur Sumsel
Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, Soliehin Abuasir, positif COVID-19. Foto/iNews TV/Bambang Irawan
A A A
PALEMBANG - Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Soliehin Abuasir, dinyatakan positif terpapar COVID-19, dan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam Palembang.

(Baca juga: Bocah 9 Tahun Jadi Korban Pemerkosaan Oknum Polisi Sorong )

Pejabat yang akrab disapa Abu ini, dinyatakan positif setelah hasil tes usap atau tes swabnya dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang , keluar.

Sang wabup sempat bertolak dari OKU Selatan, ke Palembang , pada 9 Juli 2020. Selanjutnya, menjalani tes usap pada 14 Juli 2020, dan keesokan harinya langsung dinyatakan positif COVID-19 .

(Baca juga: Yayasan Stapa Center Bantu Jatim Alat PCR Terlengkap )

Sementara, anak dan istri Abu, hasil tes usapnya dinyatakan negatif COVID-19 . Menyikapi kondisi tersebut, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten OKU Selatan, gencar melakukan penelusuran kepada kontak erat dengan Abu.

Gubernur Sumatera Selatan , Herman Deru mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami Wabup OKU Selatan. "Yang terpenting tidak ada penyakit penyertanya, agar pemulihan kesehatannya bisa cepat," tegasnya.

Dia juga mengatakan, selama tidak ada penyakit penyerta dan tidak ada gangguan klinis, tentunya yang bersangkutan diperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri, dengan tetap menjaga kesehatan.

(Baca juga: Tingkatkan Ekonomi Saat Pandemi, Pemkot Semarang Siapkan Rp5,2 M )

Tingginya angka penularan COVID-19 di wilayah Sumatera Selatan , menurut Herman, menjadi perhatian serius untuk dilakukan penanganan. "Instruksi Presiden Jokowi sudah jelas, bahwa kita harus meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian," tegasnya.

Upaya mencegah penularan COVID-19 yang bisa dilakukan, menurutnya adalah dengan mentaati protokol kesehatan, di antaranya dengan memakai masker, dan disiplin menjaga jarak. Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Sumatera Selatan, menca[ai 2.899 kasus.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8374 seconds (0.1#10.140)