Hiu Paus Jantan Sepanjang 4,7 Meter Bikin Geger Warga Larantuka

Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:47 WIB
loading...
Hiu Paus Jantan Sepanjang 4,7 Meter Bikin Geger Warga Larantuka
Seekor hiu paus jantan yang memiliki panjang 4,7 meter, terdampar di Pantai San Juan, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT. Foto/iNews TV/Joni Nura
A A A
FLORES TIMUR - Seekor seekor hiu paus (rhincodon typus), berjenis kelamin jantan membuat heboh warga di Pantai San Juan, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT. Ikan berukuran besar itu, terdampar di tepian pantai dan tidak dapat kembali ke tengah lautan.



Dari hasil identivikasi, hiu paus yang terdampar di Pantai San Juan tersebut, memiliki panjang 4,7 meter, sedangkan lebar tubuhnya mencapai 1,03 meter, panjang sirip punggung 0,56 meter, dan panjang sirip ekor 0,45 meter.



Warga yang mengetahui keberadaan hiu paus tersebut, langsung berupaya memberikan pertolongan. Mereka beramai-ramai menarik ikan bertubuh bongsor itu ke tengah laut, dengan menggunakan perahu nelayan.



Arus laut yang kencang, serta kondisi air laut surut membuat proses evakuasi hiu paus tersebut mengalami kendala. "Saat ditemukan, hiu paus tersebut berada di tepian pantai yang kondisi air lautnya sedang surut," ungkap salah seorang warga, Stefan Riberu.

Warga di Kelurahan Puken Tobi Wangi Bao, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, terus berupaya mengevakuasi hiu paus ke tengah lautan. "Kami sangat bersyukur, setelah dilakukan penarikan menggunakan kapal nelayan, hiu paus tersebut akhirnya berhasil selamat kembali ke tengah laut," ungkapnya.

Hiu Paus Jantan Sepanjang 4,7 Meter Bikin Geger Warga Larantuka


Diduga, arus laut yang deras dan kondisi laut surut membuat hiu paus tersebut akhirnya terdampar. Menurut Stefanus, bisa juga hiu paus ini terdampar di pesisir karena navigasinya mengalami gangguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)