Elektabilitas Erick Thohir Mampu Memperkuat Pasangan

Senin, 13 Maret 2023 - 17:17 WIB
loading...
Elektabilitas Erick Thohir Mampu Memperkuat Pasangan
Menteri BUMN Erick Thohir memang dikenal sebagai pemimpin yang terbukti bekerja nyata untuk masyarakat. (Ist)
A A A
BOGOR - Menteri BUMN Erick Thohir memang dikenal sebagai pemimpin yang terbukti bekerja nyata untuk masyarakat. Menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini banyak melakukan kerja nyata untuk membantu negara dan masyarakat.

Seperti halnya mentransformasi Kementerian BUMN menjadi lebih menguntungkan sekaligus memberantas korupsi. Oleh karenanya, Erick menjadi pilihan masyarakat untuk mendampingi calon presiden (capres) potensial Ganjar Pranowo di pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Terbukti, ketika Ganjar dipasangkan dengan Erick, elektabilitasnya menjadi meningkat dan unggul dalam simulasi Pilpres 2024. Berbanding terbalik ketika Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut dipasangkan dengan kandidat lain seperti Ketum Golkar Airlangga Hartarto atau Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Erick Thohir akan cukup baik memperkuat siapa pun yang akan dipasangkan,” terang Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah saat dihubungi di Jakarta.

Berdasarkan hasil survei terbaru IPO, Ganjar – Erick unggul dibandingkan para pesaingnya. Bahkan dalam simulasi pilpres, pasangan kepala daerah dan menteri ini berhasil menjadi pilihan utama masyarakat.

Seperti halnya ketika Ganjar – Erick berhadapan dengan Prabowo – Muhaimin dan Airlangga – Ridwan Kamil. Ganjar – Erick menempati posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 36,8 persen. Sedangkan pesaingnya hanya memiliki elektabilitas sebesar 31,5 persen dan 19,4 persen.

Berbeda ketika Ganjar dipasangkan dengan Airlangga atau Puan. Ketika orang nomor satu di Jawa Tengah (Jateng) Tersebut dipasangkan dengan Airlangga ataupun Puan, justru terjadi penurunan elektabilitas.

Di mana elektabilitas Ganjar Pranowo – Airlangga hanya di angka 28,9 persen. Sedangkan ketika dipasangkan dengan Puan, elektabilitasnya menurun jauh yakni hingga angka 21,9 persen.

Dengan demikian Ganjar Pranowo – Erick Thohir menjadi pasangan paling potensial untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Mengingat pasangan tersebut mampu mengungguli pasangan lainnya di simulasi kontestasi demokrasi mendatang.

Untuk diketahui Survei IPO dilakukan pada 1-7 Maret 2023 dengan total responden sebanyak 1.200. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)