Berkat Sigap Tangani Bencana, Pemkab Natuna Raih Indonesia Awards 2023

Jum'at, 01 September 2023 - 18:28 WIB
loading...
Berkat Sigap Tangani Bencana, Pemkab Natuna Raih Indonesia Awards 2023
Bupati Natuna Wan Siswandi menerima Penghargaan Indonesia Awards 2023
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna meraih penghargaan Indonesia Awards 2023 dalam kategori Special Recognition of Outstanding Initiative berkat kinerjanya karena sigap menangani bencana. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Bupati Natuna mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap pihak-pihak yang membantu dalam Pemkab Natuna dalam menangani bencana.

“Saya berterima kasih kepada TNI Polri, kepada Masyarakat Natuna semuanya, karena pada kejadian bencana kemarin semua bekerja dengan baik, kementerian atau Lembaga juga membantu dengan sangat cepat dan sekarang sudah terkendali dengan baik dan saya berterima kasih kepada semuanya. Indonesia Awards malam ini luar biasa, saya sendiri tidak terpikir akan memperoleh penghargaan ini dan tentu Indonesia Awards ke depan akan lebih maju lagi,” ucapnya saat menerima Penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan berkat kesigapan Pemkab Natuna dalam menangani berbagai krisis bencana salah satunya seperti sigap menangani bencana tanah longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kep Riau pada Senin (6/3/2023) lalu. Akibat bencana tersebut, Pemkab Natuna mengerahkan seluruh komponen dan stakeholder daerah untuk menangani bencana yang telah melenyapkan lebih dari 28 rumah tertimbun material longsoran dan mengakibatkan korban jiwa diantaranya 54 korban meninggal dunia dan 9 korban hilang.

Langkah sigap yang dilakukan Pemkab Natuna dengan melakukan pendataan dan survei lokasi tempat untuk melakukan relokasi korban selamat dalam bencana tersebut. Diketahui Pemkab Natuna telah merelokasi 100 KK yang tinggal di wilayah longsor, ke tempat yang baru, sehingga masyarakat bisa langsung mendapatkan lokasi tinggal baru. Bupati, Wakil Bupati dan Tim komando tanggap bencana lainnya berada dilokasi selama 14 hari mulai dari tanggal 6 Maret sampai 21 Maret 20.

Tak hanya merencanakan relokasi, para korban yang kritis dikirim ke rumah sakit di Pontianak, Kalimantan Barat, yang menjadi rujukan. Bupati Natuna Wan mengatakan upaya cepat dilakukan diantaranya dengan membawa para korban yang emergency ke Pontianak Kalimantan Barat, untuk dilakukan rujukan serta logistik kebutuhan para pengungsi.

“Pada saat itu, saya minta para korban yang perlu dirujuk untuk segera diproses,” ujarnya.
Berkat Sigap Tangani Bencana, Pemkab Natuna Raih Indonesia Awards 2023

Bupati Natuna Wan Siswandi menyerahkan bantuan langsung kepada para korban tanah longsor. Penyerahan bantuan sebagai realisasi program Tanggap Bencana yang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna.

Selain itu, Pemkab Natuna dengan sigap menyediakan tanah untuk pembangunan rumah. Sementara itu, pembangunan rumah relokasi warga terdampak tanah longsor Natuna akan dikerjakan sepenuhnya oleh Kementerian PUPR dengan pembiayaan dari BNPB. Program relokasi ini akan dilakukan setelah memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

Ketika bencana terjadi, para korban langsung mendapat perawatan dengan dibawa ke rumah sakit di Pontianak, Kalimantan Barat yang sudah menjadi rujukan. Semua kebutuhan mulai dari perawatan hingga logistik para pengungsi langsung didapatkan.

Untuk meringankan beban para korban tanah longsor, Pemkab Natuna pun dengan sigap menyerahkan bantuan untuk korban bencana tanah Longsor Serasan melalui beberapa tahap. Bantuan ini merupakan hasil donasi dari masyarakat dan beberapa Organisasi, juga dari bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi kepada para korban bencana di Serasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8257 seconds (0.1#10.140)