Tak Takut Masuknya Dokter Asing, Ketua IDI: Dokter Jatim Berkualitas

Minggu, 19 Februari 2023 - 10:38 WIB
loading...
Tak Takut Masuknya Dokter Asing, Ketua IDI: Dokter Jatim Berkualitas
Ketua IDI Jatim dr Sutrisno (kiri).
A A A
SURABAYA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur mengantisipasi masuknya dokter asing praktik di Indonesia. Salah satu antisipasinya adalah memberikan kualitas dokter di Jawa Timur yang tidak kalah dengan luar negeri.

Ketua IDI Jatim Dr. dr. Sutrisno mengatakan, pada prinsipnya tidak anti dengan dokter asing. "Kita tidak takut dan anti dengan dokter asing," kata Sutrisno usai pelantikan Pengurus IDI Jatim periode 2023-2026, Sabtu (18/2/2023) malam.

Menurutnya, kahadiran dokter asing di Jawa Timur tidak menjadi masalah asalkan bisa memberi manfaat bagi ilmu pengetahuan dan kedokteran Indonesia. "Tentu IDI akan selektif," tambahnya.

Baca juga: Kebakaran Hanguskan Rumah Mewah Dokter di Surabaya, Diduga Akibat Korsleting

Sutrisno menegaskan, tidak semua dokter luar negeri bagus. Sebaliknya, dokter Indonesia jauh lebih bagus karena Indonesia mempunyai kurikulum pendidikan lama dan sangat bagus. "Tidak kalah dengan asing. Kita buktikan dokter Jawa Timur qualified," tegasnya.

Dia akan mengkomunikasikan bahwa dokter Indonesia bukan klas dua atau tiga, tetapi kelas satu. IDI juga akan menyampaikan ke pemerintah data yang bagus dan valid. Dari data yang diberikan, IDI berharap pemerintah mengambil keputusan yang tepat.

Sementara itu, pada periode kedua kepemimpinanya sebagai Ketua IDI Jatim, dia akan membangun kesolidan di internal pengurus. Pihaknya juga akan memperkuat profesionalitas para dokter, sehingga bisa memberikan karya terbaik dan banyak untuk masyarakat Jatim.

"Secara eksternal, kami juga akan membangun komunikasi dengan pemerintah maupun organisasi profesi yang lain untuk bersama-sama membangun kesehatan masyarakat Jatim," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)