Berdamai, Kasus Jari Kelingking Bayi Terpotong di RSMP Dihentikan

Senin, 13 Februari 2023 - 15:55 WIB
loading...
Berdamai, Kasus Jari Kelingking Bayi Terpotong di RSMP Dihentikan
Kuasa hukum dua belah pihak sepakat berdamai disaksikan pihak Rumah Sakit Muhammadiyah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, hingga Dinas Sosial dan internal Polri. Foto: Istimewa
A A A
PALEMBANG - Kasus bayi 8 bulan, AA, yang jari kelingkingnya terpotong akibat kelalaian perawat Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang ( RSMP ) inisial DN resmi dihentikan. Keputusan itu menyusul kesepakatan damai kedua belah pihak melalui jalur Restorative of Justice (RJ).

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, kesepakatan jalan damai kedua belah pihak didampingi masing-masing kuasa hukum, yang juga disaksikan pihak Rumah Sakit Muhammadiyah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, hingga Dinas Sosial dan internal Polri.



"Setelah dilakukan proses hukum tindakan penyelidikan dan penyidikan, pada hari ini dari kedua belah pihak, baik korban dan tersangka telah sepakat menyelesaikan perkara ini dengan RJ," ujar Ngajib, Senin (13/2/2023).



Menurut Ngajib, dengan adanya persamaan pendapat ini maka pihaknya melakukan tindak lanjut dengan Perpol 8 tahun 2021 untuk pemanfaatan lebih kepada perbaikan di antara kedua belah pihak, dan juga untuk memenuhi rasa keadilan di masyarakat.

"Akhirnya kita ambil langkah RJ terhadap penanganan perkara ini, sehingga rangkaian tindakan selanjutnya sudah kita anggap selesai dihentikan penyidikan," ungkapnya.

Sementara itu, Suparman (38), ayah bayi AA didampingi Kuasa Hukum, Titis Rachmawati, mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat



"Anak saya saat ini baik-baik saja, sehat dan sudah pulang ke rumah, hanya sedang rawat jalan dan kontrol. Terima kasih untuk pihak Rumah Sakit Muhammadiyah yang bertanggung jawab mengantar jemput anak saya untuk kontrol," ujarnya.

Di tempat sama, perawat DN juga turut menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, khususnya keluarga korban yang mau melakukan RJ. "Juga kepada kepolisian, rumah sakit, dan semuanya yang sudah membantu. Sekali lagi terima kasih," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)