Pantau Kondisi Kesehatan, 571 Calon Haji di Cimahi Jalani Tes Kebugaran Jasmani

Sabtu, 11 Februari 2023 - 06:22 WIB
loading...
Pantau Kondisi Kesehatan, 571 Calon Haji di Cimahi Jalani Tes Kebugaran Jasmani
ilustrasi
A A A
CIMAHI - Calon jamaah haji (CJH) asal Kota Cimahi yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini mulai menjalani tes kebugaran jasmani, Jumat (10/2/2023). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik para jamaah yang hendak menjalankan ibadah haji.

"Tes kebugaran ini dilaksanakan tiga hari yang dibagi per kecamatan, total yang ikut ada sebanyak 571 orang jemaah," kata Kepala Dinkes Kota Cimahi Mulyati, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Cimahi Teti Supriati.

Tes kebugaran bagi calon jemaah haji ini merupakan program nasional yang digelar oleh daerah. Kegiatan ini untuk memastikan kebugaran calon jemaah haji, karena mayoritas ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik, mengingat kondisi lingkungan dan cuaca di Tanah Suci berbeda dengan di Indonesia.

Diterangkan, setelah menjalani tes para calon jemaah haji akan langsung diperiksa kembali kondisi kesehatannya. Nantinya dari hasil tes itu akan ada tindaklanjut oleh pihak puskesmas. Selain itu, para jemaah juga harus menjaga kondisi kesehatan tubuh baik fisik dan psikis.

Baca juga: Ratusan PKL Banjiri Masjid Al Jabbar, Ini yang Dilakukan Pemkot Bandung

"Bagi mereka yang punya penyakit kronis, agar rutin memeriksakan kondisinya ke dokter di rumah sakit maupun puskesmas," sarannya.

Pelaksanaan tes kebugaran yang diselenggaran Dinkes Kota Cimahi ini menggunakan metode rockport walking test, yakni jalan cepat dan konstan dengan jarak 1,6 kilometer untuk calon jemaah haji yang sehat. Serta six minute walking test, yakni berjalan 6 menit dan diukur jarak tempuhnya untuk calon jemaah haji yang resiko tinggi dan lanjut usia.

Sementara itu calon jemaah haji Kota Cimahi yang akan berangkat tahun ini sekitar 571 orang. Pelaksanaan tes kebugaran dibagi 3 hari dengan pembagian wilayah, yakni 8 Februari untuk calon jemaah haji di Kecamatan Cimahi Selatan, jemaah Cimahi Utara pada 9 Februari, dan jemaah Cimahi Tengah 10 Februari 2023.

Sebelum menjalankan tes, dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengukur tekanan darah, denyut nadi, dan riwayat penyakit. Kemudian petugas memilah calon jemaah haji yang kondisinya sehat dengan yang memiliki resiko kesehatan seperti penyakit kronis maupun yang usia lanjut.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)