Kemendagri Dorong Penguatan dan Integrasi Sistem Pengelolaan BLUD

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:57 WIB
loading...
Kemendagri Dorong Penguatan dan Integrasi Sistem Pengelolaan BLUD
Kemendagri bersama Arsada Jateng menggelar Penguatan Tata Kelola Keuangan BLUD dan Best Practice Pengelolaan Keuangan BLUD Berbasis Sistem Informasi Terintegrasi.(Ist)
A A A
SEMARANG - Kemendagri bersama Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Jawa Tengah menggelar Penguatan Tata Kelola Keuangan BLUD dan Best Practice Pengelolaan Keuangan BLUD Berbasis Sistem Informasi Terintegrasi.

Acara tersebut dirangkaikan melalui Webinar Keuda Update Seri 30 di Ballroom Pavilion Amarta RSD K.M.R.T Wongsonegoro, Kota Semarang, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan ini membahas Pengembangan terhadap modul SIPD/e-BLUD yang terintegrasi dengan Aplikasi Cash Management System (CMS) Perbankan mengacu pada Permendagri Nomor 79 tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah dan telah diimplementasikan di RSD Bendan Kota Pekalongan.

Jenderal (Dirjen) Bina Keungan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni menyampaikan, integrasi SIPD BLUD dan Bank Daerah merupakan salah satu bentuk dukungan tercapainya penerapan SPBE. Sehingga, kata dia, peran SPBE untuk mendukung semua sektor pembangunan dapat tercapai.

“Sebagai pendukung penerapan SPBE adalah adanya integrasi sistem, di mana sistem atau sub-sub sistem dapat saling terhubung dan saling bertukar data sehingga menjadi satu kesatuan sistem”, ungkap Fatoni.

Dalam rangka akselerasi, Fatoni menekankan, penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk aktualisasi dari development process SIPD BLUD yang terintegrasi secara host to host dengan aplikasi perbankan, peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan daerah termasuk pengelolaan keuangan BLUD berbasis sistem informasi terintegrasi (SIPD BLUD).

Di mana salah satu agendanya adalah terkait dengan Best Practice Bridging Aplikasi SIPD BLUD dengan Cash Management System (CMS) Bank Jateng, yang tentunya diharapkan dapat menjadi Shockwave Vibrator pengembangan SIPD BLUD yang terintegrasi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Untuk itu diminta kepada seluruh pemda dapat menerapkan integrasi ini," tegas Fatoni.

Kemudian lanjut Fatoni, keuntungan dari Bridging Host to Host SIPD BLUD dengan Aplikasi Perbankan, antara lain meminimalisir antrean, mempercepat proses transaksi, meminimalisir pencatatan data secara manual, bisa melakukan pembayaran kapanpun, memberikan rasa aman, menghindari terjadinya praktek korupsi, dan transaksi pembayaran bisa dilihat secara real time.

“Mengingat berbagai keuntungan tersebut, saya tegaskan bahwa penggunaan aplikasi SIPD BLUD merupakan hal yang mutlak untuk diterapkan guna peningkatan efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan BLUD,” ujar Fatoni.

Sebagai informasi, kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang dihadiri sejumlah pejabat daerah, di antaranyaa oleh Direktur BUMD, BLUD dan BMD Kemendagri Budi Santoso, Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu, Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Ketua Arsada Jawa Tengah Susi Herawati, dan Asisten Daerah 1 Pemprov Jateng Haerudin.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)