165 Siswa Secapa AD Sembuh, Warga Sekitar Negatif COVID-19

Selasa, 14 Juli 2020 - 18:39 WIB
loading...
165 Siswa Secapa AD Sembuh, Warga Sekitar Negatif COVID-19
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Berli Hamdani saat mengumumkan perkembangan kasus COVID-19 di Kompleks Secapa AD. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat mengumumkan kabar menggembirakan terkait perkembangan kasus penularan COVID-19 di Kompleks Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat ( Secapa AD ) dan sekitarnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Berli Hamdani menyebutkan, berdasarkan hasil swab test kedua sebanyak 165 pasien positif COVID-19 di Kompleks Secapa AD yang berlokasi di Jalan Hegarmanah, Kota Bandung itu telah dinyatakan sembuh. Selain itu, belum ada warga sekitar kompleks yang terkonfirmasi terpapar COVID-19. (Baca juga: Solo Disebut Zona Hitam, Ganjar Pranowo Sebut Ada yang Lagi Benci)

"Dari 1.280 pasien positif Secapa AD sudah berkurang 165 orang menjadi 1.115 orang yang kini masih dalam pengawasan, pemantauan, ataupun juga dalam perawatan," ungkap Berli dalam konferensi pers digelar secara virtual dari Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/7/2020). (Baca juga: Nikahi Anak 12 Tahun, Pria Beristri di Banyuwangi Ini Jadi Tersangka)

Berli memaparkan, pengurangan jumlah pasien positif didapat setelah dilakukan swab test kedua. Dari swab test pertama terhadap 100 pasien dari total 1.280 pasien, sebanyak 98 pasien di antaranya dinyatakan negatif.

"Swab kedua sama negatif, maka dikatakan sudah sembuh untuk 98 orang. Kemudian, terdapat penambahan pasien (terkonfirmasi negatif COVID-19) sebanyak 67 orang. Dari hasil itu, total ada sebanyak 165 orang di Secapa AD yang sebelumnya dinyatakan positif menjadi negatif setelah melalui swab test kedua," paparnya.

Berli menambahkan, berdasarkan hasil rapid test terhadap 48 orang di sekitar Kompleks Secapa AD yang dilanjutkan dengan swab test terhadap 28 orang di antaranya pada Sabtu (11/7/2020) lalu, pihaknya belum mendapati warga sekitar yang terkonfirmasi positif COVID-19. "Hasil dari pemeriksaan atau tes tadi semuanya negatif," tegasnya.

Lebih lanjut Berli mengatakan, pihak gugus tugas dan aparat pemerintahan setempat juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di Kompleks Secapa AD dan sekitarnya, termasuk di Kompleks Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) di Kota Cimahi. "Rencana, kita akan tes lagi sekitar 600 warga di sekitar institusi itu hingga Jumat nanti," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9216 seconds (0.1#10.140)