Viral Video Benda Langit di Sekitar Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Kamis, 26 Januari 2023 - 17:43 WIB
loading...
Viral Video Benda Langit di Sekitar Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG
Sebuah video beredar di media sosial menampilkan cahaya/benda langit yang bergerak di sekitar Gunung Merapi beredar luas di media sosial. Video ini mengundang banyak komentar dari warganet. Foto dok/SINDOnews
A A A
JOGJAKARTA - Sebuah video beredar di media sosial menampilkan cahaya/benda langit yang bergerak di sekitar Gunung Merapi beredar luas di media sosial. Video ini mengundang banyak komentar dari warganet.

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Tehnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santosa mengatakan sehubungan dengan beredarnya video tersebut, dia mengakui jika kamera CCTV Badan Geologi yang berada di Pos Jrakah (sisi barat) Gunung Merapi sempat merekam fenomena ini.

"Kamera kami merekam pada tanggal 24 Januari 2023 pukul 01.30 WIB. Namun berdasarkan data kegempaan, tidak terekam adanya sinyal yang signifikan pada jam tersebut," ujar Agus, Kamis (26/1/2023).

BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi , namun mereka tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit sehingga pihaknya tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut.

Di sisi lain, aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini cukup tinggi yaitu berupa erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, pembentukan guguran, dan awanpanas guguran. Tingkat aktivitas masih “SIAGA”.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya,"terangnya
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)