Abdul Hakim Bafagih Dorong Waskita dan Adhi Karya Perkuat Infrastruktur untuk Kebangkitan UMKM

Rabu, 25 Januari 2023 - 15:35 WIB
loading...
Abdul Hakim Bafagih Dorong Waskita dan Adhi Karya Perkuat Infrastruktur untuk Kebangkitan UMKM
Abdul Hakim Bafagih menjadi keynote speech dalam Sosialisasi dengan tema Peran Kemitraan UMKM dan BUMN Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. (Ist)
A A A
MOJOKERTO - BUMN memiliki peran penting dalam kebangkitan ekonomi nasional. Sebagai sebuah perusahaan di bawah naungan negara, BUMN tidak saja berfokus pada sebuah usaha yang berorintasi pada profit, tetapi juga tanggung jawab sosial. Tidak terkecuali pada perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang konstruksi.

Hal ini disampaikan oleh Abdul Hakim Bafagih, Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi PAN, di Arayanna Hotel and Resort, Trawas, Kabupaten Mojokerto, 25 Januari 2023. Abdul Hakim Bafagih menjadi keynote speech dalam Sosialisasi dengan tema “Peran Kemitraan UMKM dan BUMN Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi”.

Adhi Karya dan Waskita Karya adalah BUMN yang bergerak dibidang konstruksi. Adhi Karya merupakan BUMN yang bergerak dibidang konstruksi dan berpengalaman dalam proyek infrastruktur besar.

Adhi Karya dipercaya untuk membangu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Jembatan Barito, hingga Jembatan Suramadu.

Saat ini, Adhi Karya juga dipercaya untuk membangun Proyek Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, LRT Jabodebek, MRT Jakarta CP201 dan CP20, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Smelter Manyar di Gresik, dan beberapa proyek di Ibu Kota Negara.

Sedangkan Waskita Karya, dipercata untuk membangun jalan tol diberbagai wilayah di Indonesia, seperti tol Trans Jawa dan Trans Sumatra.

Dengan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa (Jakarta – Surabaya), waktu tempuh perjalanan yang sebelumnya membutuhkan waktu lebih dari 24 jam kini menjadi lebih singkat, menjadi 12 hingga 15 jam.

Sedangkan dengan dibangunnya Jalan Tol Trans Sumatera (Bakauheni-Palembang) waktu tempuh yang sebelumnya 12 jam menjadi sekitar hanya 6 jam.

Waktu tempuh yang lebih singkat tersebut dapat menurunkan biaya pengiriman logistik khususnya biaya bahan bakar dan menjaga kualitas komoditas yang dikirim.

Menurut Anggota Komisi BUMN ini, meski perusahaan-perusahaan negara tersebut bergerak dibidang infrastruktur, tetapi BUMN tersebut harus terus didorong bahwa infrastruktur yang dibangun adalah demi peningkatan ekonomi. "Kami selalu berusaha agar BUMN tersebut didorong dalam rangka penguatan ekonomi," katanya.

"Semua BUMN harus mampu menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional. Apalagi setelah terjadi wabah virus corona-19, banyak UMKM yang gulung tikar. Karena itu BUMN memiliki tanggung jawab juga dalam membangkitkan kembali BUMN," tambahnya.

Hadir dalam Sosialisasi ini adalah pelaku-pelaku usaha di Kecamatan Trawas dan sekitarnya. Seperti pelaku usaha makanan dan minuman, catering, usaha tani hingga pengembangan usaha komunitas seperti Wehasta, Trawas Trashion Carnival dan pelaku usaha lain di Paseban Agung.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3274 seconds (0.1#10.140)