Pura Mangkunegaran Direvitalisasi, Erick Thohir dan Gibran Yakin Solo Jadi Kota Wisata Berkelanjutan

Sabtu, 21 Januari 2023 - 20:40 WIB
loading...
Pura Mangkunegaran Direvitalisasi, Erick Thohir dan Gibran Yakin Solo Jadi Kota Wisata Berkelanjutan
Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunegoro X Bhre Cakra Hutomo Wira Sudjiwo saat peresmian Taman Pracima Pura Mangkunegaran. Foto/Ist
A A A
SOLO - Menteri BUMN Erick Thohir yakin Solo bakal menjadi kota wisata berkelanjutan pascarevitalisasi Pura Mangkunegaran. Hal itu disampaikan saat menghadiri peresmian Taman Pracima atau Pracima Tuin di dalam komplek Pura Mangkunegaran.

Revitalisasi Taman Pracima tersebut merupakan wujud dukungan BUMN dalam memelihara gelora mencintai sejarah bangsa, mencintai kekayaan budaya lokal, menggiatkan perekonomian rakyat, dan memperkuat kunjungan wisata di dalam negeri.



"Ini menjadi bagian dari upaya mengembalikan Solo sebagai kota wisata yang bisa berkelanjutan," ujar Erick Thohir saat memberikan kata sambutan di hadapan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro X Bhre Cakra Hutomo Wira Sudjiwo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Erick, kepemimpinan KGPAA Mangkunegaran X saat ini bisa menjadi bagian dari membangun sejarah dan budaya Jawa. "Membangun sejarah dan budaya Jawa yang selama ini kadang-kadang terlupakan sejalan dengan perubahan zaman yang terjadi," ungkap Erick.

Menteri BUMN juga mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan BUMN yang sudah terlibat dalam proses revitalisasi Pura Mangkunegaran. "Terimakasih atas kerjasama nya. Bagaimana kita bisa membangun sebuah sejarah yang telah berlangsung sekian lama. Yang tadinya tidak dapat dinikmati, hari ini, bisa dinikmati bersama," ujar Erick.

Sebelum merevitasalisasi Taman Pracima, Erick juga telah memimpin upaya menghidupkan kembali Lokomotif Mak Itam di Sumatera Barat, membangun dan rebranding Sarinah, hingga mulai merevitalisasi Kawasan Sanur di Bali.


Geliat mempercantik Taman Pracima sudah mulai dilakukan sejak tahun 2022. Dalam sebuah peninjauan, November 2022, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bersama KGPAA Mangkunegoro X menunjukkan bahwa revitalisasi ini dapat berjalan atas kerja sama Kementerian BUMN serta Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah.

Revitalisasi area Taman Pracima ini terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro VII.

Nama Taman Pracima berarti taman yang terletak di area barat. Sesuai dengan lokasi taman yang terletak di area barat Pura Mangkunegaran. Revitalisasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan kebudayaan Jawa, khususnya Mangkunegaran berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3999 seconds (11.210#12.26)