Warga Miskin Berkurang 17.360 orang, Ridwan Kamil Ungkap Strategi Tekan Kemiskinan

Kamis, 19 Januari 2023 - 16:29 WIB
loading...
Warga Miskin Berkurang 17.360 orang, Ridwan Kamil Ungkap Strategi Tekan Kemiskinan
BPS Provinsi Jabar menyatakan, warga miskin 2022 di Jabar berkurang 17.360 orang dibandingkan tahun sebelumnya. Foto/Ilustrasi/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membocorkan strateginya untuk menekan jumlah warga miskin di Provinsi Jabar.

Melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil, orang nomor satu di Jabar itu menyebut beberapa strategi terukur yang dilakukan dan berhasil mengurangi jumlah warga miskin di Jabar pada 2022.



Strategi pertama, bagi warga dalam kategori level miskin ekstrem diberi daya hidup dengan bantuan keuangan atau bantuan sosial (bansos).

Kedua, bagi warga level miskin tengah, pihaknya agresif membukakan lapangan kerja melalui investasi dan penguatan usaha mikro, kecil dan menengan (UMKM).

Hal itu terlihat dari nilai realisasi investasi Jabar selalu tertinggi dalam lima tahun berturut-turut.

Terakhir, kata Kang Emil, bagi warga miskin atas, mereka dilatih wirausaha dan diberi modal usaha.



Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jabar, Fani Cahyandito mengatakan, kondisi penurunan kemiskinan di Jabar lebih baik jika dibandingkan dengan data secara nasional.

Secara nasional, angka kemiskinan justru mengalami kenaikan antara Maret-September 2022, yakni sebesar 0,03 persen poin. Menurut Fani, penurunan kemiskinan di Jabar perlu mendapatkan apresiasi di tengah naiknya angka kemiskinan nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)