Pengunjung Membeludak, Menparekraf Ajak Wisatawan Manfaatkan Borobudur Trail of Civilization

Minggu, 18 Desember 2022 - 18:58 WIB
Menparekraf Sandiaga Solahuddin Uno saat hadir dalam kegiatan serah terima fasilitas pengembangan produk wisata heritage Borobudur Trail of Civilization. Foto: MPI/Puji Hartono
MAGELANG - Pengunjung Candi Borobudur , Magelang, Jawa Tengah saat ini membeludak memasuki musim libur mendatang. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak wisatawan memanfaatkan Borobudur Trail of Civilization (BTOC) untuk menikmati destinasi super prioritas itu.

BTOC ini adalah langkah untuk memecah keramaian yang menumpuk di satu titik saja, yakni di Candi Borobudur sehingga wisatawan bisa menikmati wisata yang lain di sekitar Candi Borobudur.



Hal tersebut diutarakan Menparekraf Sandiaga Uno saat kegiatan serah terima fasilitas pengembangan produk wisata heritage Borobudur Trail of Civilization. “Berwisatalah ke Borobudur dan nikmati jelajah peradaban yang tertuang di Borobudur Trail,” kata Sandi.

Borobudur Trail of Civilization akan mengajarkan keluhuran budaya, kearifan dari Dinasti Syailendra. Di mana memperlihatkan pendahulu dalam bermasyarakat dan tentunya menjadi pengalaman yang mengesankan bagi para pelancong.



Pola wisata BTOC ini berfokus pada proses penceritaan yang berasal dari interpretasi panel panel relif Candi Borobudur serta akutualisasi aktivitas pendukung dari warga lokal 16 desa di Borobudur yang dikemas ke dalam 9 jalur wisata tematik.



Sementara itu, Sekda Jawa Tengah Sumarno mengungkapkan, pihaknya selalu berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta kabupaten. Selain itu Pemprov Jateng selalu mengalokasikan bantuan kepada pemerintah desa.

Menparekaf juga mengimbau wisatawan yang hendak mempersiapkan liburan natal dan tahun baru untuk berlibur dan berwisata di Indonesia saja
(nic)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More