Deretan Kerajaan Islam yang Paling Terkenal di Pulau Jawa

Minggu, 20 November 2022 - 08:24 WIB
Hal ini disebabkan visi besar yang dimiliki Pati Unus, sehingga menjadikan Demak sebagai kerajaan maritim yang besar dan kuat.

2. Kerajaan Pajang

Kesultanan Pajang merupakan Kerajaan Islam pertama yang terletak di daerah pedalaman. Mengutip informasi dari jurnal berjudul ‘Sejarah Kesultanan Pajang Masa Pemerintahan Sultan Hadiwijaya (1549-1582) karya Chinanti Safa dan Hudaidah, Pajang merupakan sebuah wilayah di pedalaman Jawa bagian tengah.

Jaka Tingkir atau Mas Krebet dikenal sebagai pemimpin pertama di Kerajaan Pajang dan memiliki gelar Sultan Hadiwijaya. Penobatannya sebagai Sultan Pajang mendapat legitimasi dari Sunan Giri.

Selain itu, di era Jaka Tingkir ini Pajang juga meraih puncak kejayaan. Dia menerapkan sistem pemerintahan dengan menunjuk para sahabatnya menjabat posisi penting di Pajang.

3. Kerajaan Mataram Islam

Berikutnya ada Kerajaan Mataram Islam. Mengutip informasi dari laman Dpad Provinsi Jogja, pendirian kerajaan ini bermula dari sayembara Sultan Hadiwijaya untuk menangkap Arya Penangsang.

Dalam hal ini, Sutawijaya dan ayahandanya yang bernama Ki Ageng Pamanahan berhasil memenangkan sayembara. Sebagai hadiahnya, Sultan Hadiwijaya memberikan Alas Mentaok yang pada perkembangannya menjadi daerah makmur bernama Mataram.

Sepeninggal Ki Ageng Pamanahan, tahta ditempati Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati. Pada perkembangannya, Kerajaan Mataram meraih kejayaan di era Mas Rangsang yang bergelar Kanjeng Sultan Agung Senapati ing Alaga Ngaburachman Sayidin Panatagama.

4. Kerajaan Cirebon
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More