Pokdarwis dan UB Kolaborasi Bangkitkan Kampung Tematik di Malang

Jum'at, 03 Juli 2020 - 15:18 WIB
Wakil Rektor III UB, Abdul Hakim mengatakan pada masa pandemi COVID-19 ini tantangan terberat adalah di sektor pariwisata. Karenanya Abdul Hakim mengajak semua pengurus Pokdarwis kampung tematik mengambil nilai positif dari pandemi ini. "Mungkin saja di saat badai COVID-19 melanda, pihak Universitas Brawijaya dapat bekerjasama dengan kampung-kampung tematik," kata Abdul Hakim. Dalam kerja sama ini, UB ingin melibatkan mahasiswa melakukan pengabdian lingkar kampus.

Kasi Pengembangan Kawasan Industri Pariwisata Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Artis Swastini mengapresiasi nota kesepahaman antara Pokdarwis dan Universitas Brawijaya yang merupakan pintu masuk sebagai pengenalan kampung-kampung tematik pada khalayak. "Diharapkan para wisatawan datang ke Malang tidak hanya melancong ke Batu, namun bisa mengunjungi kampung-kampung tematik yang tersebar di Kota Malang," katanya.

Kota Malang masih menjadi primadona wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tercatat sepanjang 2018, Kota Malang dikunjungi 15.034 wisatawan mancanegara dan 4,8 juta wisatawan nusantara. Pada Tahun 2017, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 12.456 orang dan wisatawan lokal sebanyak 4,3 juta orang.

Adapun pada 2016, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 9.535 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 3,9 juta orang. Pada 2015, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 8.754 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 3,3 juta orang. Sementara pada 2014, jumlah wisatawan mancanegara berjumlah 6.025 orang dan wisatawan nusantara berjumlah 2,4 juta orang.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More