Iwan Simatupang, Sastrawan Besar Indonesia yang Hidupnya Berakhir Tragis

Selasa, 18 Januari 2022 - 12:44 WIB


Iwan Simatupang merupakan salah satu dari sejumlah sastrawan yang ikut meneken Manifes Kebudayaan (Manikebu).

Manikebu merupakan kelompok sastrawan, seniman, pelukis, penulis, pemusik yang berada pada kutub yang berseberangan dengan Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat).

Manikebu mengusung tag line seni untuk seni dengan humanisme universal sebagai basis pemikiran. Sedangkan para seniman Lekra yang merupakan ounderbow PKI mengusung realisme sosialis.

Dalam perjalanan hidupnya Iwan cukup lama singgah di Hotel Salak, Bogor. Di kamar hotel bernomor 52, hampir seluruh esainya lahir. Dalam surat yang ia tujukan kepada HB Jassin (17 Januari 1962), Iwan menyebut dirinya sebagai “Manusia Hotel”.



“Kalau kukaji hidupku sendiri hingga kini, aku sendiri adalah 'manusia hotel' itu. Terus menerus di hotel. Uit liefde & leed, karena suka dan terpaksa..,” tulisnya.

Pada 4 Agustus 1970, Iwan Simatupang tutup usia. Ia meninggal dunia di rumah kakak perempuanya di Jakarta, karena mengidap penyakit komplikasi.

Sastrawan besar itu meninggal dalam kondisi ekonomi yang parah, selalu mengalami kesulitan biaya hidup, karena tidak mempunyai pekerjaan yang tetap, sering berpindah pekerjaan.
(hsk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More