Banjir Makassar Makin Meluas, Warga Terdampak Capai 4.809 Orang

Rabu, 08 Desember 2021 - 19:15 WIB
Sementara di Kecamatan Rappocini, kondisinya sudah mulai membaik. Namun ada 102 jiwa yang terdampak banjir. Akan tetapi, karena banjirnya sudah mulai surut maka semua korban banjir sudah kembali ke rumah masing-masing.



Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin menyampaikan, kondisi banjir di Kota Makassar ini disebabkan oleh air pasang. Sehingga meski curah hujan sudah menurun, air masih tetap merendam sejumlah titik.

“Air pasang cukup tinggi. Sampai dua meter. Makanya banjir ini banyak masuk di daerah-daerah rendah. Ditambah kemarin curah hujan yang cukup tinggi sehingga menambah debit air,” kata dia, Rabu (8/12/2021).

Faktor lain yang menyebabkan banjir di Kota Makassar meluas disebutnya lantaran pembangunan yang kian masif. Sementara regulasinya masih belum bisa mengatur penempatan-penempatan bangunan baru.

“Itu berkaitan dengan bagaimana drainase kita di Kota Makassar. Kemudian bagaimana penempatan jenis-jenis bangunan yang ada di Kota Makassar,” katanya.



Maka dari itu, ia mengatakan memang masih perlu ada mitigasi bencana yang lebih kuat untuk mencegah terjadinya banjir yang semakin parah. Mesti ada perencanaan multi sektoral untuk mengatasi persoalan ini.

“Harus bersama-sama merencanakan Kota Makassar ini sehingga terbebas dari bencana. Itulah mengenai drainase, daerah aliran sungai, kemudian penempatan jenis bangunan,” sebutnya.
(agn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More