Sandiaga Uno Sebut Kontribusi UMKM di Tengah Pandemi Tembus 9 Ribu Triliun

Sabtu, 20 November 2021 - 14:30 WIB
Oleh karenanya, Kemenparekraf terus mendorong UMKM untuk terus memanfaatkan teknologi digital dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Dia pun berharap, program-program andalan, seperti Bangga Buatan Indonesia benar-benar bisa menjadi pengungkit dari bergeraknya kembali perekonomian Indonesia.

"Usaha yang maju di era pandemi adalah usaha yang mampu beradaptasi, berkolaborasi dengan memanfaatkan seluruh peluang di tengah keterbatasan, sehingga mampu memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat, terutama lapangan kerja seluas-luasnya," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga pun kembali menitipkan empat etos kerja yang kerap dia ingatkan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. "Empat etos kerja itu adalah kunci sukses dalam melakukan usaha," tegasnya.

Tak lupa, Sandiaga pun mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat secara disiplin kapan pun dan di mana pun berada karena pandemi belum berakhir. "Tingkatkan juga sembangat gotong royong, kolaborasi secara maksimal, dan pastikan UMKM di era pandemi menang melawan COVID-19," pungkasnya.

(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More