Gong Kiai Pradah Pusaka Panembahan Senopati Melawan Pajang Ini Penampakannya saat Dijamas

Kamis, 21 Oktober 2021 - 20:19 WIB
Namun kali ini Bupati Blitar Rini Syarifah berhalangan hadir, dan digantikan Wakil Bupati Rahmat Santoso. "Bupati lagi di Jakarta mas, ada acara Apkasi," kata Wabup Blitar Rahmat Santoso Kamis (21/10/2021). Ritual siraman gong Kiai Pradah berlangsung di gedung sanggar penyimpanan pusaka.

Langkah pemkab tidak menggelar jamasan di atas menara Alon-alon Lodoyo untuk menghindari antusias warga. Pemkab juga membatasi jumlah pengunjung yang berburu berkah air bekas jamasan. Terutama mereka yang berusaha mendekat di gedung sanggar penyimpanan pusaka. "Karena situasi masih pandemi," terang Rahmat.

Dalam sejarah jamasan pusaka gong Kiai Pradah, Bupati Blitar selalu hadir. Bupati Rini tengah menghadiri acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta. Kegiatan itu tidak bisa diwakilkan. Karenanya Wabup Blitar Rahmat Santoso yang menggantikan seluruh peran Bupati di acara ritual jamasan.

Acara ritual jamasan juga dihadiri sejumlah forkopimda dan pimpinan DPRD. "Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya diberi kesempatan untuk ikut serta dalam jamasan atau siraman pusaka gong Kiai Pradah," kata Rahmat.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More