Isu Disabilitas Didorong Agar Dibahas Dalam Women 20

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 19:14 WIB
IKA Unpad dan W20 Presidency melakukan penandatanganan kerjasama terkait disabilitas. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
BANDUNG - Isu penyandang disabilitas didorong agar bisa dibahas pada Women 20 (W20) pada 2022 mendatang. Dorongan itu disampaikan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara IKA Unpad dengan W-20 Presidency. Hadir melakukan penandatangan Uli Silalahi selaku Chair of W20 Presidency dan Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan.



"Kami mengharapkan bahwa isu disabilitias ini juga diangkat saat penyelenggaraan W20 nanti. Disisi lain, kami juga mengharapkan isu terkait pendidikan dan UMKM juga turut diangkat, mengingat proses pembelajaran yang terdampak oleh pandemi COVID-19 serta jumlah UMKM di Jawa Barat yang sangat banyak." kata Herawati di Graha Sanusi Unpad, Kota Bandung, Sabtu (2/10/2021).

Diketahui, W20 atau Women 20 dibentuk pada 2015 atas dasar kesadaran para pemimpin negara anggota G20 akan pentingnya partisipasi dan peran perempuan terutama dalam pembangunan ekonomi global.



W20 hadir mewakili suara perempuan, mengadopsi pengadopsian dokumen-dokumen G20 yang melibatkan isu pembangunan perempuan,kesetaraan gender, pertumbuhan yang inklusi, dan kerja sama perempuan dalam sektor ekonomi Internasional.

Rencananya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam KTT G20 pada 2022. IKA Unpad berkesempatan bekerjasama dengan W20 dan akan mengangkat inklusi pendidikan, pengutamaan kesetaraan mendapatkan hak bagi penyandang disabilitas,dan peran perempuan di sektor ekonomi.

Sementara itu, Uli Silalahi mengatakan, MoU ini adalah yang pertama. Di mana IKA Unpad cukup merespons atas kerja sama ini.

"Kami sambut baik, karena isu disabilitas ini sangat penting. Isu ini akan kami prioritaskan di G20 summit tahun 2022. Kami juga akan bawa ke KTT yang hadiri 20 negara," katanya.
(shf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content