Cerita Mahasiswa Internasional UNS Bertahan di Solo selama Pandemi

Rabu, 27 Mei 2020 - 18:35 WIB
Dirinya sangat mengapresiasi respons dari IO UNS yang sangat memuaskan dan berharap terus meningkatkan kepedulian terhadap mahasiswa internasional. Mahasiswa program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) asal Thailand, Patsawut Rattanakarn mengatakan, bantuan logistik dari kampus sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang masih berada di asrama. "Sehingga tidak perlu bepergian untuk membeli bahan makanan," ungkap Patsawut. Meskipun tetap berada di asrama, Ia tidak tidak lupa untuk menjaga Kesehatan dan pola hidup sehat.

Selain melakukan kuliah secara daring, hal yang rutin dilakukan adalah belajar bahasa Indonesia. "Saya bersyukur karena masih ada teman yang tinggal di asrama, sehingga dapat mengusir rasa bosan meskipun tidak dapat bepergian," katanya.

Selain kuliah, dirinya menonton film dokumenter, bermain uno, dan belajar bahasa Indonesia supaya tidak lupa. Ketika benar-benar mendesak dan harus keluar asrama, maka selalu memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Pola hidup bersih dan sehat untuk melindungi diri dari Covid-19 juga selalu diterapkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi asal Timor Leste, Eugenio Lay. "Saat pandemi, kami harus tetap jaga kebersihan dan selalu cuci tangan. Selain itu, harus rajin berolahraga, berjemur di pagi hari, menghindari keramaian, dan keluar rumah menggunakan masker, serta selalu minum vitamin agar tubuh tetap sehat," kata Eugenio.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More