Peduli Sesama, Pendukung Arsenal Kembali Gelar Donor Darah Serentak di 59 Kota se-Indonesia

Senin, 24 Mei 2021 - 18:17 WIB
Eddy menambahkan, selama tujuh tahun pelaksanaan donor darah, AIS berhasil mengumpulkan lebih dari 11.314 kantong darah yang kemudian didistribusikan oleh PMI kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Melalui kegiatan ini, kita pun sangat berharap kegiatan yang digagas AIS dapat dicontoh komunitas lainnya, termasuk komunitas pendukung pesaing internal. Di sosial media, boleh kita berantem, tapi untuk kegiatan sosial kita jalan beriringan," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengapresiasi langkah AIS menggelar kegiatan donor darah nasional yang rutin dilakukan setiap tahun.

Dia mengakui, pandemi COVID-19 berdampak pada anjloknya stok darah menyusul berkurangnya masyarakat yang mendonorkan darahnya.

"Awal pandemi, PMI dan pengurusnya stress karena biasanya, satu hari masyarakat yang mendonorkan darahnya bisa sampai 500 orang. Ketika pandemi kami, hanya mendapatkan 50 orang sehari, padahal yang membutuhkan tidak berkurang," ungkapnya

Baca juga: Skrinning Warga Usai Libur Lebaran, Dinkes Temukan Sembilan Pemudik Lokal Positif

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bandung, Uke Mukhtimanah menambahkan, di masa pandemi seperti saat ini, PMI Kota Bandung tidak bisa menyimpan stok darah seperti tahun-tahun sebelumnya akibat menurunnya jumlah pendonor

Baca juga: Sekolah di Cimahi Mulai Lakukan Simulasi PTM Persiapan Tahun Ajaran Baru

"PMI saat ini tidak bisa menyimpan stok darah seperti biasanya karena turunnya jumlah pendonor darah. Biasanya, per hari bisa menghasilkan 300-500 labu, sekarang hanya 50 labu per hari," katanya.
(boy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content