Pengamat Soroti Penggunaan Anggaran Makassar Recover untuk GeNose, Ini Alasannya

Kamis, 08 April 2021 - 10:38 WIB
Penggunaan anggaran Makassar Recover untuk pengadaan alat GeNose disorot. Foto: Dok/SINDOnews
MAKASSAR - Sejumlah program yang merupakan bagian dari Makassar Recover yang digagas Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny'Pomanto menuai kritik. Bukan saja karena membutuhkan anggaran yang besar, tapi juga peruntukannya yang sebagian masih dipertanyakan.

Salah satunya pegadaan alat GeNose yang saat ini akan memasuki tahap screening. Program tersebut diklaim akan menjadi salah satu alat andalan dalam mendeteksi Covid-19 di Makassar.

Dikatakan alat tersebut akan mencover seluruh warga Kota Makassar yang berjumlah 1,5 juta jiwa, dimana per plastiknya dihargai sebesar Rp10.000 sehingga dibutuhkan anggaran sebesar Rp15 miliar.



Selain itu, pemerintah juga dilaporkan akan mengadakan kontainer di setiap kelurahan untuk mem-backup program GeNose tersebut, nilainya mencapai Rp100 juta per unit. Total anggaran yang diperlukan sebesar Rp15,3 miliar untuk 153 kelurahan.



Alhasil, pelaksanaan GeNose tersebut akan menelan anggaran hingga Rp30,3 miliar. Meski membutuhkan anggaran yang besar, rupanya efektivitas GeNose masih diperdebatkan.

Pengamat Sosiologi Politik Universitas Hasanuddin ( Unhas ), Sawedi Muhammad menilai, semestinya pemerintah memberlakukan belanja barang terhadap alat-alat yang benar-benar sudah teruji. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan agar risiko buang-buang anggaran tidak terjadi.



"GeNose ini masih kontroversi. Alat ini baru sebatas klaim dari penelitinya, dan belum teruji validasinya atau triangulasi dari validitas atau efektivitas dan efisiensinya," sebut Sawedi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More