Perjuangan Penderita Komorbid Melawan COVID-19

Minggu, 01 November 2020 - 21:12 WIB
Dikutip dari covid19.go.id, tiga kondisi penyerta yang paling banyak ditemukan pada pasien virus Corona COVID-19, adalah hipertensi 50,5%, diabetes melitus 34,4% dan penyakit jantung 19,9%. Sisanya adalah penyakit lainnya. Petrus adalah penderita diabetes dan jantung. Dia telah dipasang 5 ring. Sangat beresiko secara medik.

Di penghujung pembicaraan, Petrus menyarankan agar pemerintah memberikan perlakukan khusus terhadap kelompok usia lanjut dan komorbid, baik untuk kepentingan pencegahan maupun pengobatan.

“Secara sosial perlu dilindungi dengan memberikan sejumlah prioritas agak tidak terlalu banyak interaksi dan terlalu lama dalam kerumunan jika terpaksa harus keluar rumah dan bantuan pemerintah berupa pemberian vitamin untuk meningkatkan imun,” ujarnya.

Bertolak dari pengalamannya sebagai pasien corona, Petrus mengatakan, agar ada stress release dan psychological treatment, selain perlakuan sosial secara khusus. Untuk mengisi waktu, selain berdoa dan terus berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat, alumni FMIPA Kimia Universitas Indonesia tahun 1984 dan Institut Managemen Prasetya Mulya tahun 1989 ini tengah menyusun tulisan tentang sosial politik ekonomi Indonesia, bertolak dari pengalamannya menangani sejumlah perusahaan besar dan pergaulan luasnya dengan sejumlah pengusaha dan tokoh politik tanah air.
(nth)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More