Indraswara, Radio Pertama Mengudara di Majalengka

Jum'at, 18 September 2020 - 05:00 WIB
Indraswara disebut-sebut sebagai radio pertama di kabupaten ini. Berawal di frekwensi AM, radio ini lahir pada 1972 silam. Foto siaran Radio Indraswara FM/SINDOnews/Inin N
'Salam-salamnya buat Desi, Deni, Iis, Ratna dan semuanya saja. Buat penyiarnya selamat bertugas aja.' Kalimat di atas terasa cukup popular hingga era awal 2000 an lalu, saat radio masih menjadi media hiburan favorit masyarakat, jauh sebelum hadir gawai dengan segala kecanggihannya. Tidak jarang, ditemukan beberapa orang yang asik mendengarkan satu radio bareng-bareng.

Perasaan senang seketika terbesit ketika nama kita disebut oleh penyiar. Entah karena kartu pilpen (pilihan pendengar, kartu khusus reques lagu dan kirim salam) kita dibaca oleh penyiar, atau nama kita dapat salam dari pendengar lain. Tidak jarang juga, nama udara di radio, bukan nama asli yang dikenal sehari-hari. (Baca: Demo soal Proyek RSUD Leuwiliang Ricuh, Satpol PP Pukuli Mahasiswa)

Antusiasme warga dalam mendengarkan radio akan semakin terasa ketika suatu radio menyiarkan sandiwara atau dongeng. Biasanya, program ini mengudara pada sore dan atau malam hari.

Sandiwara Nini Pelet adalah salah satu program radio yang cukup digemari oleh banyak orang. Tidak jarang, mereka akan rela meninggalkan kegiatan lain, asalkan tidak ketinggalan jalannya cerita dari sandiwara yang bercerita tentang Manusia Siluman Ular penghuni Gunung Ciremai itu. Untuk dongeng Lokal, dikenal juga tokoh Mang Jaya dan Wa Kepoh, yang cukup memiliki penggemar setia banyak.

Secara Nasional, dikenal ada Hari Radio yang jatuh pada tanggal 11 September. Penetapan hari Radio itu merujuk dari berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI) pada 11 September 1945.



Di Kabupaten Majalengka , Radio mulai dikenal sekitar 1972 lalu. Indraswara disebut-sebut sebagai radio pertama di kabupaten ini. Berawal di frekwensi AM, radio ini lahir pada 1972 silam.

Seiring berjalanya waktu, stasiun radio ini mengalami perubahan, baik dari frekwensi maupun nama. Kini, radio itu berada di frekwensi FM.

"Awalnya namanya Arfaco. Seiring berjalannya waktu, ada aturan tidak boleh menggunakan Bahasa Inggris, akhirnya ganti jadi Indraswara, sampai sekarang. Kalau alamat studio mah dari awal tetap di sini, hanya bangunannya sudah direnovasi," kata Kepala Studio Indraswara FM, Reza saat berbincang dengan SINDOnews.

Sebagai radio pertama di Majalengka, Indraswara tentunya cukup kenyang pengalaman. Memanjakan para penggemar dengan berbagai hiburan adalah salah satu tinta emas yang ditoreh radio itu. Bahkan, dalam perjalanannya, pernah menghibur pengemarnya dengan mendatangkan penyanyi ibu kota top, kala itu. (Bisa diklik: Kendari Rusuh, Ratusan Massa Mengamuk dan Rusak Sejumlah Tempat)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More