11 Perwakilan Kampus dari Sumatera hingga Papua Deklarasi Dukungan Program DEB SoBI di Yogyakarta

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:20 WIB
Senada, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni Universitas Gadjah Mada, Arie Sujito mengatakan bahwa program DEB SoBI mampu mendorong habituasi untuk mempraktikkan nilai-nilai sustainability.

“Dengan adanya program Desa Energi Berdikari Sobat Bumi yang dilakukan penerima beasiswa Pertamina, baik mahasiswa, generasi muda jadi peka terhadap permasalahan masyarakat, isu lingkungan dan energi. Dari kepekaan tersebut, akan terbentuk habituasi untuk mempraktikkan sustainability dalam kehidupan sehari-hari. Bagi saya, program ini menjadi ajang diseminasi pengetahuan mengenai sustainability, membangun engagement antara korporasi, perguruan tinggi, dan masyarakat,” papar Arie.

DEB SoBI merupakan green initiative yang mendukung program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan unggulan Pertamina, Desa Energi Berdikari (DEB). Inisiatif ini wajib dilaksanakan oleh para penerima Beasiswa SoBI setiap tahunnya. Pertamina Foundation sebagai pelaksana program Beasiswa SoBI berkolaborasi dengan mitra perguruan tinggi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk memastikan poin-poin dalam program DEB SoBI dapat terpenuhi, antara lain poin-poin kebermanfaatan EBT untuk perekonomian masyarakat, keandalan, dan keterjangkauan energi, kelembagaan dan keterikatan desa.



“Desa Energi Berdikari dan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) unggulan Pertamina yang memiliki semangat sama yakni energizing community dan sustainability. Untuk itu, Pertamina Foundation sebagai perpanjangan CSR Pertamina bersama mitra perguruan tinggi menginisiasi program Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI). Tahun 2023 terbentuk 24 DEB SoBI, sementara untuk 2024, targetnya adalah 16 desa baru yang mengedepankan pemenuhan pada aspek 4E, yakni Energy, Environment, Education, dan Economy,” tutup Agus.

Program DEB SoBI sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) #4, #7, dan #8, serta target Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) atau bebas emisi pada tahun 2060 atau lebih cepat.
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content