11 Perwakilan Kampus dari Sumatera hingga Papua Deklarasi Dukungan Program DEB SoBI di Yogyakarta

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:20 WIB
Pada kegiatan cross visit DEB SoBI edisi kedua yang digelar di Yogyakarta, 11 perwakilan mitra perguruan tinggi Beasiswa SoBI dari Sumatera hingga Papua, mendeklarasikan dukungan keberlanjutan program DEB SoBI. Foto/Istimewa
YOGYAKARTA - Mendorong generasi muda untuk memiliki kepekaan terhadap masyarakat, isu transisi energi dan lingkungan, penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi (SoBI) diwajibkan melaksanakan green initiative, salah satunya program Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI).

Dalam program DEB SoBI, penerima beasiswa bersama mentor dari perguruan tingginya, mewujudkan embrio dari program TJSL Unggulan Pertamina, Desa Energi Berdikari untuk membangun kemandirian energi dan ekonomi suatu desa melalui pembangunan energi baru terbarukan.





Pada kegiatan cross visit DEB SoBI edisi kedua yang digelar di Yogyakarta, 11 perwakilan mitra perguruan tinggi Beasiswa SoBI dari Sumatera hingga Papua, mendeklarasikan dukungan keberlanjutan program DEB SoBI yang ditandatangani oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina (Persero) M Erry Sugiharto, Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari, dan Dewan Pengawas Pertamina Foundation Bambang Pediantoro, Rabu 23 Oktober 2024.

11 mitra perguruan yang menuliskan deklarasi tersebut, antara lain Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri FakFak, Universitas Islam Riau, Universitas Pattimura, Universitas Riau, Institut Teknologi Kalimantan, Politeknik Negeri Kupang, Universitas Syiah Kuala, dan STT Migas Balikpapan, STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak, dan Universitas Pasir Pengaraian.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan program DEB SoBI demi kemandirian ekonomi desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan energi baru terbarukan,” ujar Jusmawandi selaku Dosen Teknik Sipil sekaligus mentor dari program DEB SoBI Politeknik Negeri FakFak, Sabtu (26/10/2024).

Erry mengapresiasi komitmen mereka dalam program DEB SoBI karena mampu membantu Pertamina dalam mewujudkan energi bersih untuk pertumbuhan ekonomi dan penanganan perubahan iklim.

“Terima kasih kepada penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi (SoBI) yang sudah ikut menyukseskan program TJSL Pertamina, Desa Energi Berdikari. Kalian adalah agen sustainable development goals (SDGs) dengan mewujudkan energi bersih untuk pertumbuhan ekonomi dan penanganan perubahan iklim."

"Saya yakin, dengan kalian terlibat dalam program DEB SoBI, ke depannya kalian menjadi SDM yang unggul di dunia kerja karena sudah memiliki skillset, exposure, dan experience bertemu serta memberdayakan masyarakat, memetakan permasalahan mereka dengan tujuan menghasilkan solusi berkelanjutan,” sambung Erry.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content