Elektabilitas Airin Rachmi Diany Tembus 77,3 Persen, Ungguli Andra Soni

Senin, 19 Agustus 2024 - 16:14 WIB
Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany terus menunjukkan keunggulan dalam sejumlah survei elektabilitas berbagai lembaga survei. Foto/SINDOnews
SERANG - Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany terus menunjukkan keunggulan dalam sejumlah survei elektabilitas berbagai lembaga survei. Informasi terbaru dari survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat bahwa elektabilitas Airin mencapai 77,3 persen.

Hal itu menjadikannya kandidat terkuat dalam bursa pemilihan gubernur Banten. “Airin Rachmi Diany konsisten unggul dalam berbagai survei terkait calon gubernur Banten,” kata Pendiri Lingkar Studi Masyarakat dan Hukum (RUSH) Hudjolly, Senin (19/8/2024).

Ia menyebut bahwa hasil survei LSI memperkuat tren keunggulan Airin dalam berbagai simulasi pemilihan. Dalam simulasi head-to-head dengan Andra Soni, bakal calon gubernur Banten dari Partai Gerindra, elektabilitas Airin berada di angka 77,3 persen.



Sementara itu, elektabilitas Andra hanya sekitar 10 persen, dan 12,7 persen responden belum menentukan pilihan. Ketika disimulasikan sebagai pasangan calon, Airin yang berduet dengan Ade Sumardi juga tetap mendominasi dengan elektabilitas 73,7 persen.

Sementara pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah hanya mendapatkan 12,2 persen dukungan, dengan 14,1 persen responden masih belum menentukan pilihan. Survei ini dilakukan antara 27 Juli hingga 4 Agustus melalui metode wawancara tatap muka.

Jumlah responden survei mencapai 800 orang dengan margin of error ±3,5 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Menurut Hudjolly, tingkat elektabilitas dan popularitas menjadi modal penting bagi kandidat dalam Pilkada.

Namun dia mengingatkan hasil survei hanya mencerminkan situasi politik saat ini, yang bisa berubah seiring perkembangan kampanye. “Politik selalu dinamis, dan semuanya masih bisa berubah tergantung pada strategi masing-masing kandidat hingga pemungutan suara,” katanya.

Pilkada Banten tahun ini cenderung dinamis, meski mengingatkan akan bahaya dari kemungkinan munculnya calon tunggal. “Airin dan Andra Soni sama-sama berasal dari Koalisi Indonesia Maju, jadi mereka seperti dua sahabat bersaing dalam Pilkada,” tegasnya.
(ams)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content